Pemda Ende beri pelatihan digitalisasi dukung promosi pariwisata

id NTT,Ende,pelatihan digitalisasi,Dinas Pariwisata Ende,digitalisasi

Pemda Ende beri pelatihan digitalisasi dukung promosi pariwisata

Puluhan peserta pelatihan digitalisasi yang digelar Pemerintah Kabupaten Ende, NTT, saat berada di Bukit Kezimara untuk melakukan praktik memuat karya videografi dan fotografi, Rabu (30/6/2021). (ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Kabupaten Ende)

...Jadi di sana mereka diajarkan bagaimana menghasilkan gambar dan video yang bagus dalam sebuah kegiatan atau atraksi wisata
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur memberikan pelatihan digitalisasi bagi puluhan orang untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia dalam rangka mendukung promosi potensi pariwista di daerah itu secara digital.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende Martinus Satban ketika dikonfirmasi, Rabu, (30/6) mengatakan pelaksanaan pelatihan ini melibatkan 44 orang peserta dari kalangan pemda sendiri maupun pelaku usaha pariwisata.

"Sasaran akhir kami dari pelatihan yang diberikan selama tiga hari ini adalah peserta memiliki keterampilan berdigital dalam mempromosikan produk-produk wisata menggunakan media digital," katanya.

Pelatihan ini menghadirkan dua tenaga pelatih profesional di bidang fotografi dan videografi dari Semarang, Jawa Tengah dan dari Ende.

Dalam pelatihan ini, kata dia, para peserta mendapatkan berbagai materi penting terkait media digital, teknik pengambilan foto dan video, pengeditan dan sebagainya.

Peserta juga mendapat sesi praktik lapangan di Bukit Kezimara untuk mengambil gambar dan video saat orang melakukan terjun payung atau wisata paralayang dan atraksi tarian.

"Jadi di sana mereka diajarkan bagaimana menghasilkan gambar dan video yang bagus dalam sebuah kegiatan atau atraksi wisata," katanya.

Baca juga: Kemenkominfo target 112 juta UMKM gunakan digital

Matrinus berharap melalui pelatihan ini para peserta bisa mendapatkan bekal pengetahuan dan pengalaman yang bagus untuk siap meningkatkan promosi dan pemasaran berbagai potensi pariwisata Ende.

Baca juga: Luhut: Percepat pembangunan BTS menuju digitalisasi 30 juta UMKM

"Kita berharap keteramplian peserta meningkat dalam hal membuat karya videografi dan fotografi sehingga sehingga menambah daya tarik produk ketika dipasarkam melalui media digital," katanya.