Korem 161/WS: 9.000 warga NTT sudah divaksinasi dalam Serbuan Vaksinasi

id Vaksinasi, COVID-19, Korem 161/ws,ntt,serbuan vaksin

Korem 161/WS:  9.000 warga NTT sudah divaksinasi dalam Serbuan Vaksinasi

Sejumlah warga mengantre untuk mendaftar menerima suntikan vaksin COVID-19 di RST Wirasakti Kota Kupang, NTT, Senin (12/7/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

...Dalam catatan kami ada sekitar 9.000-an orang yang sudah diberikan vaksin, baik itu vaksin dosis pertama dan vaksin dosis kedua
Kupang (ANTARA) - Korem 161/Wirasakti (WS) Kupang mengklaim sebanyak 9.000 warga di Kota Kupang dan sekitarnya sudah disuntikan vaksin COVID-19 oleh Detasemen Kesehatan04-09-01/Kupang selama pelaksanaan Program Serbuan Vaksinasi di daerah itu.

Komandan Kesehatan 04-09-01/Kupang Letkol Ckm dr Agus Saptiady,Sp di Kupang, Selasa, (13/7) mengatakan bahwa 9.000 orang yang sudah divaksin itu tersebar di sejumlah daerah di NTT.

"Dalam catatan kami ada sekitar 9.000-an orang yang sudah diberikan vaksin, baik itu vaksin dosis pertama dan vaksin dosis kedua," katanya.

Agus mengatakan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum sudah dilakukan oleh Denkesyah 04-09-01/Kupang sejak diberlakukannya vaksinasi bagi masyarakat umum.

Proses pelaksanaan vaksin juga tidak hanya dilakukan di Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti, tetapi tersebar juga sampai ke wilayah perbatasan seperti di Kabupaten Belu.

Selain itu pihaknya sering melakukan kegiatan serbuan vaksinasi di sejumlah daerah di NTT dengan bekerja sama dengan kodim-kodim yang ada di wilayah hukum Korem 161/Wirasakti Kupang.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum di Kota Kupang di RST Wirasakti dilakukan setiap hari namun tidak langsung dilaksanakan penyuntikan pada hari itu juga.

'Jadi kami terapkan strategi mencegah penumpukan masyarakat. Per hari hanya 150 orang yang kita layani. Tetapi mereka harus mendaftar dari dua atau tiga hari yang lalu," ujar dia.

Baca juga: Dandenkes Kupang: Perlu dukungan nakes optimalkan layanan vaksinasi
Baca juga: DPRD NTT apresiasi TNI gelar Serbuan Vaksinasi


Dia mencontohkan seperti pada Senin (12/7) sejak pagi warga sudah mengantre untuk mendaftar menerima suntikan vaksin. Namun mereka yang mendaftar itu baru bisa divaksin pada hari Rabu (14/7) dan Kamis (15/7).

TNI, katanya, akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat NTT khususnya masyarakat di Kota Kupang dalam hal vaksinasi COVID-19 dengan tujuan agar pandemi ini bisa segera berakhir.