Kongres polwan internasional di Labuan Bajo berlangsung September

id Polwan, NTT, Kota Kupang, Polda NTT

Kongres polwan internasional di Labuan Bajo  berlangsung September

Kepala Bidang Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B. ANTARA/Kornelis Kaha

Jadwalnya sampai saat ini belum berubah, jadi tetap akan dilaksanakan pada September bulan depan
Kupang (ANTARA) - Kepala Bidang Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B mengatakan bahwa pelaksanaan kongres Polisi Wanita (Polwan) Internasional atau Internasional Association of Women Police (IAWP) tetap akan tetap digelar di Labuan Bajo pada September 2021 ini.

"Jadwalnya sampai saat ini belum berubah, jadi tetap akan dilaksanakan pada September bulan depan," katanya berkaitan dengan perkembangan pelaksanaan kongres Polwan internasional kepada ANTARA di Kupang, Senin, (30/8).

Ia mengatakan bahwa saat Waka Polri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono ke Labuan Bajo beberapa waktu lalu, sempat hadir pula Kadiv Hubungan Internasional Mabes Polri Irjen Pol Jhoni Asadoma.

Kehadirannya di Labuan Bajo adalah sekaligus mengecek kesiapan dari daerah itu dalam rangka menyambut pelaksanaan pertemuan Polwan sedunia itu.

"Kita masih terus berkoordinasi terkait pelaksanaan kegiatan tersebut, sambil melihat pandemi COVID-19 saat ini," ujar dia.

Sebelumnya Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan bahwa pada awalnya penyelenggaraan IAWP direncanakan akan di gelar di Yogyakarta, namun karena daerah tersebut masuk dalam zona merah COVID-19, akhirnya Labuan Bajo lah yang dipilih.

Karena masih dalam pandemi COVID-19, maka pelaksanaan IAWP itu akan dilakukan secara daring serta tatap muka secara langsung. Total peserta IAWP yang akan hadir mencapai 752 orang dengan rincian 252 akan mengikuti acara tersebut secara langsung.

Jumlah itu diambil dari Polda-Polda di Indonesia sebanyak 102 Polwan, perwakilan Polwan Satker Mabes Polri 75 orang dan participants internasional diperkirakan 75 orang. Sedangkan peserta online terdiri dari 500 orang.

Polda NTT sebagai tuan rumah, ujar Latif, tentu menyambut baik dan merespon dengan baik serta perlu antisipasi dari aspek keamanan karena Presiden RI sudah 3 kali berkunjung kesana.

Ia pun menyampaikan bahwa Polda NTT melakukan penambahan perkuatan personel Polres Manggarai Barat serta penambahan Kompi Brimob di Manggarai Barat dan Sumba Barat Daya dan Polda NTT juga siap mendukung sarana prasarana pendukung lainnya guna memperlancar kegiatan tersebut.

Baca juga: BPOLBF kembangkan empat zona pariwisata di Labuan Bajo

Baca juga: Waka Polri : vaksinasi terapung Polda NTT contoh bagi polda lain