Kapolres Mabar puji satgas turunkan kasus positif COVID-19

id Kapolres, Kasus COVID-19. NTT,NTT,manggarai barat,labuan bajo

Kapolres Mabar  puji satgas turunkan kasus positif COVID-19

Kapolres Manggarai Barat  AKBP Bambang Hari Wibowo . ANTARA/ho-Dokumen Kapolres

...Angka huniannya nihil, semoga situasi ini terus berlanjut
Kupang (ANTARA) - Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo memuji kekompakan tim Satuan Tugas COVID-19 di kabupaten itu yang berhasil menurunkan kasus COVID-19.

"Kekompakan tim menjadi faktor penting di balik keberhasilan penurunan kasus COVID-19," katanya saat dihubungi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, (18/9).

Hal tersebut disampaikannya berdasarkan data terkini, melandainya kasus COVID-19, karena berdasarkan hasil pemantauan per Jumat (17/9) hanya terjadi penambahan tiga kasus positif dari total 230 spesimen yang diperiksa.

Secara keseluruhan hingga Jumat (17/9) kasus positif COVID-19 sejak pandemi ini merebak sebanyak 4.996 orang. Dari jumlah ini, pasien sembuh 4.834 orang dan dan meninggal 82 orang.

Hingga kini jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 80 orang. Mereka dikarantina di Rumah Karantina Pemda Manggarai Barat sebanyak tujuh orang dan selebihnya ,73 orang menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Untuk hari Jumat, 17 September 2021, penambahan kasus 3 orang. Namun pasien sembuh empat orang sehingga tren pandemi COVID-19 terus mengalami penurunan. Kita berharap tren ini terus berlanjut,” kata AKBP Bambang Hari Wibowo.

Menurunnya, tren kasus COVID di Manggarai Barat terlihat dari tidak adanya lagi pasien COVID-19 yang dirawat di RS Siloam dan RSUD Pratama Komodo. Kapasitas hunian di RS Siloam untuk pasien COVID-19 sebanyak 18 tempat tidur dan di RSUD Pratama Komodo 42 tempat tidur.

“Angka huniannya nihil, semoga situasi ini terus berlanjut,” harap Kapolres Manggarai Barat.

Meski demikian, AKBP Bambang Hari Wibowo menegaskan kesiagaan terus dijaga. Fasilitas perawatan dalam kondisi siap. Ia mencontohkan tabung oksigen di RS Siloam sebanyak 70 tabung dalam kondisi siap pakai. Demikian juga tabung oksigen di RSUD Pratama Komodo sebanyak 68 tabung siap pakai.

Mengenai keberhasilan atas menurunnya kasus COVID-19 Kapolres Manggarai Barat memuji kekompakan tim.

“Ini adalah bentuk kerja sama Tim yaitu dari TNI, Polri, dan Forkopimda. Kekompakannya luar biasa sehingga masalah COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat dapat teratasi,” tegasnya.

Ia membeberkan kerja sama tim membuat program disiplin protokol kesehatan diterima semua lapisan masyarakat. Demikian juga vaksinasi COVID-19 berjalan dengan lancar.

“Kami bangga, semua lapisan masyarakat Manggarai Barat mengikuti protokol kesehatan 5M sehingga mata penularan COVID-19 bisa diputus. Disiplin protokol kesehatan ini kunci utama untuk menghentikan pandemi COVID-19,” terangnya.

Sedangkan vaksinasi terus digencarkan di semua wilayah termasuk di kepulauan seperti Pulau Komodo, di daerah pesisir dan di lautan. “Terbaru kami laksanakan vaksinasi di sekolah-sekolah,” tutur AKPB Bambang Hari Wibowo.

Keberhasilan Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo dalam memimpin penanggulangan pandemic COVID-19 mendapat apresiasi Ketua DPRD Manggarai Barat, Martinus Mitar. Ia menilai Kapolres Manggarai Barat bersama TNI dan Forkompinda sangat responsif dalam melaksanakan instruksi pusat guna meredam pandemi COVID-19.

Baca juga: Polres Mabar gelar vaksinasi presisi bagi pelajar

“Kasus COVID-19 di Manggarai Barat sudah menurun drastis. Saya lihat Polres bertindak tegas dalam pendisiplinan protokol kesehatan dan diterima semua lapisan masyarakat,” puji Martinus Mitar.

Baca juga: Bhabinkamtibmas Polres Mabar ikut pelatihan pelacak COVID-19