IMF bilang China miliki alat hindari masalah Evergrande jadi krisis sistemik

id Dana Moneter Internasional,Evergrande Group,gagal bayar,krisis sistemik

IMF bilang China miliki alat hindari masalah Evergrande jadi krisis sistemik

Dokumentasi - Seorang pria berjalan di depan bangunan tempat tinggal yang belum selesai di Evergrande Oasis, kompleks perumahan yang dikembangkan oleh Evergrande Group, di Luoyang, China 15 September 2021. ANTARA/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

...Kami mengikuti perkembangan di China dengan sangat cermat
Washington (ANTARA) - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (21/9/2021) mengatakan pihaknya mengikuti perkembangan seputar China Evergrande Group, tetapi yakin Beijing memiliki alat untuk mencegah situasi berubah menjadi krisis sistemik.

Kepala ekonom IMF Gita Gopinath mengatakan kepada Reuters bahwa sektor real estat adalah bagian besar dari ekonomi China, dan potensi gagal bayar (default) China Evergrande dapat berimplikasi pada aktivitas ekonomi dan stabilitas keuangan China.

"Kami mengikuti perkembangan di China dengan sangat cermat," kata Gopinath, menggarisbawahi perlunya reformasi peraturan untuk mengatasi sektor properti yang sangat berpengaruh.

"Kami masih percaya bahwa China memiliki alat dan ruang kebijakan untuk mencegah ini berubah menjadi krisis sistemik."

Evergrande berutang uang ke lebih dari 128 bank dan sekitar 121 lembaga non-bank, menurut isi surat yang bocor, yang ditulis oleh Evergrande kepada pemerintah akhir tahun lalu.

Baca juga: IMF serukan tindakan segera atasi "dua jalur" pemulihan yang memburuk

Puncaknya pada pekan lalu, investor ritel yang tidak puas berkumpul di markas Evergrande di Shenzhen menuntut uang mereka, setelah perusahaan hanya menawarkan pembayaran bertahap.

Baca juga: Dewan IMF dapat pengarahan awal peran Georgieva dalam skandal data China