Taktik Kementerian Kominfo mendukung pemulihan sektor parekraf

id Usman Kansong, Kementerian Kominfo, Pemulihan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Dirjen IKP

Taktik Kementerian Kominfo mendukung pemulihan sektor parekraf

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong dalam Rakornas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021 secara virtual, Senin (27/9/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

...Kami mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui dua cara. Pertama ialah menyiapkan infrastruktur jaringan internet. Kedua adalah mendukung komunikasi publik
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan ada dua taktik mempercepat  pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di tengah kondisi COVID-19.

"Kami mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui dua cara. Pertama ialah menyiapkan infrastruktur jaringan internet. Kedua adalah mendukung komunikasi publik," kata Usman Kansong dalam Rakornas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021 secara virtual, Senin, (27/9).

Ada pun cara pertama, penguatan infrastruktur jaringan internet disiapkan di seluruh wilayah administratif pemerintah dan permukiman penduduk terutama di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal).

Selanjutnya setelah menyediakan sinyal- sinyal yang lebih merata, Kementerian Kominfo juga mendorong para operator seluler untuk menyelesaikan pembangunan menara BTS dengan lebih masif agar sinyal yang ada bisa semakin merata dan dirasakan masyarakat luas.

Dengan penyiapan infrastruktur internet itu maka tentu wisatawan atau pun para pelaku ekonomi kreatif di wilayah yang sebelumnya kesulitan sinyal bisa lebih cepat mengakses informasi dari gawai mereka.

Kesiapan infrastruktur untuk sinyal internet 4G pun difokuskan untuk di kawasan wisata sehingga bisa menyokong smart travellers dan menjadikan kawasan wisata itu sebagai smart destination sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Terakhir, tak hanya dari sisi infrastruktur tapi juga talenta digital khususnya dari kalangan pelaku usaha ekonomi kreatif ikut diasah dalam pelatihan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

Cara kedua yang menjadi koridor besar dalam pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo adalah menyiapkan komunikasi publik yang efektif dan menarik.

"Strategi komunikasi publik yang kami lakukan nomor satu adalah fokus pada kelompok masyarakat yang masih ragu terkait kesiapan protokol kesehatan di tempat wisata," kata Usman.

Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, telah terjadi penurunan kasus COVID-19 secara signifikan sehingga penanganan pandemi dan rencana pemulihan ekonomi khususnya dari sektor parekraf sudah semakin matang.

Baca juga: Johnny Plate bilang tidak ada ruang untuk penista agama

Namun tidak sedikit masyarakat yang tak terlalu percaya pada penanganan dan rencana pemerintah, maka dari itu dibutuhkan komunikasi publik yang positif dan berkelanjutan sehingga sektor parekraf bisa kembali mendapat perhatian dari masyarakat.

Mengabarkan berita baik terkait program, kebijakan pemerintah, dan kesiapan pariwisata di Indonesia yang berbasis  Clean, Health, Safety dan Environment (CHSE) serta protokol kesehatan ke media- media menjadi salah satu cara Kominfo menggaet kepercayaan masyarakat.

Baca juga: Kemenkominfo buka program Digital Leadership Academy 2021

Tak lupa juga, Kominfo terus memberikan informasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan saat berlibur atau bekerja di bidang kreatif sehingga penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi bisa berjalan berbarengan dengan baik.

Terakhir Kementerian Kominfo pun ikut memberantas berita- berita misinformasi maupun hoaks terkait penanganan pandemi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga kepercayaan masyarakat bisa meningkat.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021