Singapura sebut dua pelancong ke Sydney tertular Omicron transit di Changi

id Singapura,Changi,Omicron,COVID

Singapura sebut dua pelancong ke Sydney tertular Omicron transit di Changi

Pesawat Singapore Airlines di Bandara Changi di Singapura (8/12/2020 (REUTERS/EDGAR SU)

...Pelacakan kontak sedang berlangsung untuk staf bandara yang mungkin melakukan kontak sementara dengan kasus-kasus itu
Singapura (ANTARA) -
Kementerian kesehatan Singapura mengatakan dua pelancong dari Johannesburg yang dites positif varian virus corona Omicron di Sydney, telah transit melalui bandara Changi.

Kedua orang tersebut meninggalkan Johannesburg pada 27 November dengan penerbangan Singapore Airlines dan tiba di Changi pada hari yang sama untuk penerbangan transit mereka, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan. Keduanya telah dites negatif untuk COVID-19 sebelum keberangkatan, tambahnya.

Kementerian mengatakan sebagian besar pelancong tetap berada di area transit di Bandara Changi. Dari tujuh orang yang turun, enam telah ditempatkan pada pemberitahuan tinggal di rumah selama 10 hari, sedangkan yang ketujuh, kontak dekat dengan individu yang terinfeksi dalam penerbangan, telah dikarantina.

"Pelacakan kontak sedang berlangsung untuk staf bandara yang mungkin melakukan kontak sementara dengan kasus-kasus itu," kata kementerian itu.

Pihak berwenang Australia mengatakan pada Minggu bahwa dua penumpang yang dites positif pada saat kedatangan di Sydney telah divaksin sepenuhnya dan telah ditempatkan di ruang isolasi.

Omicron telah mendorong negara-negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat untuk membatasi perjalanan dari Afrika selatan, tempat virus itu pertama kali terdeteksi. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan varian itu membawa risiko lonjakan infeksi yang sangat tinggi, tetapi mengatakan belum ada kematian yang dikaitkan dengan varian baru itu. (Antara/Reuters)

Baca juga: Minyak pangkas kenaikan, ditutupi lebih tinggi

Baca juga: PPKM Jawa-Bali diperpanjang meskipun kasus terjaga di level rendah