Gubernur Laiskodat pastikan penyusunan kebijakan pariwisata segera tuntas

id NTT,pariwisata ntt,gubernur ntt,viktor laiskodat

Gubernur Laiskodat pastikan penyusunan kebijakan pariwisata segera tuntas

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (ANTARA/Benny Jahang)

...Penyusunan arah kebijakan pariwisata NTT hampir rampung. Dalam bulan ini sudah selesai disusun untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata NTT
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan penyusunan kebijakan pembangunan pariwisata daerah sebagai acuan bagi pemerintah di daerah ini dalam pembangunan sektor pariwisata berkelanjutan segera dituntaskan.

"Penyusunan arah kebijakan pariwisata NTT hampir rampung. Dalam bulan ini sudah selesai disusun untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata NTT," kata Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Jumat, (9/9/2022).

Ia mengatakan pembangunan sektor pariwisata tidak saja berbicara tentang atraksi budaya dan keindahan  alam tetapi juga dukungan infrastrukturnya.

"Bagaimana orang datang ke lokasi destinasi wisata apabila infrastruktur jalan buruk. Pemerintah NTT sedang menata kawasan wisata termasuk infrastruktur jalan karena pariwisata menjadi sektor unggulan NTT," katanya.

Ia menjelaskan, Pemerintah NTT juga segera mengalokasikan anggaran yang cukup bagi Dinas Pariwisata NTT agar lebih optimal dalam melakukan penataan kawasan wisata di NTT.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD NTT, Ince Sayuna mendorong pemerintah NTT untuk mempercepat pembuatan grand desain pariwisata NTT sehingga pembangunan pariwisata lebih terarah.

"Grand desain pariwisata sangat penting sehingga menjadi acuan bagi pemerintah dalam penataan kawasan pariwisata di NTT. Kami juga berharap Pemerintah NTT untuk mengalokasikan anggaran yang memadai dalam mendukung pembangunan pariwisata," tegasnya.

Menurut dia jika pemerintah NTT menginginkan sektor pariwisata berkembang maka Dinas Pariwisata perlu didukung dengan anggaran yang memadai.

Ia mengatakan selama ini dukungan anggaran pariwisata yang dialokasikan di APBD Provinsi NTT sangat kecil yaitu 0,22 persen, tidak sebanding dengan tuntutan program penataan kawasan wisata yang dilakukan Dinas Pariwisata NTT.

"Kami berharap alokasi anggaran untuk Dinas Pariwisata lebih memadai sehingga bisa lebih optimal dalam melakukan berbagai kegiatan program pembangunan pariwisata di NTT," kata Ince Sayuna.


Baca juga: Pemda NTT tetap komit kembangkan sektor pariwisata

Baca juga: Uskup Ruteng minta pariwisata Manggarai libatkan warga lokal