Website kota Kupang jadi pusat edukasi kawasan kumuh

id NTT,George Melkianus Hadjoh,kota kupang,kawasan kumuh kota kupang

Website kota Kupang  jadi pusat edukasi kawasan kumuh

Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh. ANTARA/Benny Jahang

Kami telah meresmikan integrasi data Kotaku dengan website Kota Kupang yang sangat memudahkan pemerintah dalam melakukan upaya penanganan kawasan kumuh...
Kupang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh menegaskan website Kota Kupang akan menjadi pusat informasi dan edukasi serta ruang pembelajaran baik bagi pemerintah daerah setempat dalam penanganan kawasan kumuh dan pencegahan berkembangnya kumuh baru di Kota Kupang.

"Kami telah meresmikan integrasi data Kotaku dengan website Kota Kupang yang sangat memudahkan Pemerintah Kota Kupang dalam melakukan upaya penanganan kawasan kumuh," kata Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh di Kupang, Minggu, (25/9/2022).

Kegiatan melaunching integrasi data Kotaku dengan website Kota Kupang berlangsung di lokasi penataan kawasan kumuh samping wisata mangrove Kelurahan Oesapa Barat.

Adanya website tersebut maka Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan ruang dan memberikan akses domain untuk konten program kotaku pada website resmi Pemda Kota Kupang.

George Melkianus Hadjoh mengatakan website yang ada menjadi pusat informasi dan edukasi serta ruang pembelajaran yang baik bagi pemda dan masyarakat dalam melanjutkan penanganan kumuh dan pencegahan berkembangnya kumuh baru di Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota mengakui pada proses perencanaan pembangunan kebutuhan akan data sangatlah penting untuk menunjang usulan yang akan diajukan.

"Tanpa data yang lengkap rancangan yang diajukan belum tentu diterima," kata mantan Kepala Biro Umum Setda NTT itu.

George Melkianus Hadjoh mengatakan dengan hadirnya website itu data-data yang terintegrasi dan terpusat dapat dimanfaatkan pada setiap level pemerintahan dalam mempercepat proses pembuatan kebijakan.

"Pemerintah dan masyarakat Kota Kupang menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan balai yang ada di NTT yang sudah membantu Pemkot Kupang membangun sejumlah infrastruktur dan menata kawasan kumuh lewat program Kotaku," tegas George Melkianus Hadjoh.

Dia mengatakan tanggung jawab Pemerintah Kota Kupang saat ini adalah menjaga agar infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah pusat tersebut tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Oesapa Barat jadi kawasan prioritas penataan permukiman kumuh

Menurut dia Pemerintah Kota Kupang akan bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk melakukan operasi penertiban terhadap aset-aset pemerintah yang telah dibangun guna mencegah adanya upaya perusakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Pemkab Kupang mulai data kawasan permukiman kumuh

George Melkianus Hadjoh juga berharap aset yang sudah dibangun bisa dimanfaatkan secara baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti lokasi penataan kawasan kumuh di Oesapa Barat yang menurutnya bisa digunakan sebagai lokasi event budaya tingkat kelurahan.