Penjabat Wali Kota Kupang ingatkan para guru jadi teladan bagi para siswa

id NTT,penjabat wali kota kupang,george melkianus hadjoh

Penjabat Wali Kota Kupang ingatkan para guru jadi teladan bagi para siswa

Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh (ANTARA/Benny Jahang)

...Selama melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah di Kota Kupang kami terus mengingatkan para guru agar selalu disiplin dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Para guru harus menjadi teladan bagi para siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar di s
Kupang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh mengingatkan para guru SD dan SMP di daerah itu untuk menjadi teladan bagi para siswa terkait dengan kedisiplinan.

"Selama melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah di Kota Kupang kami terus mengingatkan para guru agar selalu disiplin dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Para guru harus menjadi teladan bagi para siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah," kata dia di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (23/3/2023).

Ia mengatakan hal itu terkait dengan hasil kunjungan kerja ke sekolah-sekolah di Kota Kupang dalam dua pekan terakhir.

Selama kunjungan ke sekolah-sekolah, dia mengaku, selalu mengingatkan para siswa dan guru untuk disiplin dalam kegiatan pembelajaran di sekolah agar kualitas pendidikan di Kota Kupang lebih meningkat.

"Apabila kita ingin hasil pendidikan di Kota Kupang menjadi lebih berkualitas maka harus diawali dengan disiplin, agar para siswa menjadi lebih disiplin maka harus dimulai dari guru. Para guru harus memberikan teladan dan contoh yang baik kepada para siswa soal disiplin," kata George Melkianus Hadjoh.

Dia mengatakan guru harus hadir tepat waktu di sekolah, mengikuti apel pagi, dan menjalankan tugas sebagai pengajar dengan baik, membentuk siswa menjadi pemimpin bangsa masa depan.

Ia meminta mereka melatih murid-murid ikut berperan di sekolah, seperti bertugas dalam apel pagi, sehingga siswa dilatih untuk mampu bertanggung jawab dalam tugas yang diberikan.

Ia juga mengingatkan para guru untuk terus memotivasi murid agar tetap bersemangat belajar serta rajin melatih kemampuan bahasa Inggris di sekolah.

Menurut dia, dengan sering berlatih berbahasa Inggris maka para siswa akan semakin terbiasa dan menguasai bahasa Inggris secara baik.

"Selain murid, para guru juga harus meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris sehingga bisa melakukan percakapan berbahasa Inggris dengan siswa selama kegiatan belajar di sekolah," kata mantan Kepala Biro Umum Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

Ia menambahkan adanya empat hal yang harus ditanamkan kepada anak didik di tingkat pendidikan dasar, yaitu kedisiplinan dan kejujuran, kebersihan, menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris dan mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA).

Baca juga: Sekolah jam 5.30 rawan memicu kekerasan seksual pada anak

Baca juga: Kota Kupang kirim 30 siswa untuk dilatih Prof Yohanes Surya