Pemkab Kupang apresiasi Bapenas - USAID bangun fasilitas air bersih

id NTT,sanitasi,kesehatan,air bersih,kabupaten kupang

Pemkab Kupang apresiasi Bapenas - USAID bangun fasilitas air bersih

Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe. ANTARA/Benny Jahang

Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bapenas dan USAID yang telah memilih Kabupaten Kupang sebagai lokasi kegiatan proyek pembangunan air bersih...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mengapresiasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) dan United States Agency for International Development (USAID) yang memilih daerah ini menjadi lokasi pembangunan sarana air minum dan sanitasi aman.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bapenas nb dan USAID yang telah memilih Kabupaten Kupang sebagai salah satu daerah yang menjadi lokasi kegiatan proyek pembangunan air bersih dan sanitasi aman dalam lima tahun ke depan," kata Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe di Oelamasi Kamis, (8/12/2022).

Jerry Maafe mengatakan hal itu terkait hasil pertemuan dengan Ketua Tim Perkotaan USAID Indonesia, Ryan Weddle yang membahas pembangunan sarana air bersih dan sanitasi aman di Kabupaten Kupang.

"Wilayah Kabupaten Kupang memang cukup luas dan rata-rata penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani sehingga kebutuhan air bersih dan sanitasi sangatlah penting," kata Jerry Manafe.

Dia berharap melalui program yang dilakukan USAID dan Bappenas selama lima tahun bisa membantu Pemerintah Kabupaten Kupang dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan ketersediaan sanitasi yang sehat bagi masyarakat.

"Kami sangat mendukung program yang akan berlangsung selama lima tahun ke depan. Apalagi ada rencana dari Bapenas RI untuk membantu Pemkab Kupang dengan bantuan perumahan bagi warga tidak mampu," kata Jerry Manafe.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kupang selalu memberikan edukasi dan pendampingan bagi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat melalui pola hidup, pola makan, sanitasi serta dalam penanganan sampah guna terwujudnya masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Jerry Manafe berharap dalam melaksanakan program yang dilakukan USAID dan Bapenas RI tetap berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemkab Kupag dan LSM di Kabupaten Kupang demi kesuksesan program yang memiliki manfaat bagi masyarakat itu.

"Guna menyukseskan program ini harus saling berkolaborasi demi mendapatkan masyarakat yang sehat dan sejahtera sehingga pembangunan di Kabupaten Kupang menjadi lebih baik", tutup Wabup Jerry Manafe.

Baca juga: Masyarakat berpenghasilan rendah di Manggarai mendapat bantuan air bersih

Baca juga: PLN bantu sarana air bersih untuk 11 titik di Pulau Raijua