PLN pulihkan seluruh kerusakan listrik di Sabu Raijua

id pembangkit listrik terbakar,pemilihan listrik di sabu raijua,pasokan listrik sabu raijua,listrik sabu raijua,pln ntt,ntt

PLN pulihkan seluruh kerusakan listrik di Sabu Raijua

Petugas PLN menyiapkan ganset mobil yang dikerahkan untuk memulihkan pasokan listrik di Kabupaten Sabu Raijua, NTT, yang rusak akibat terbakarnya satu unit mesin pembangkit di daerah itu. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Saat ini pasokan listrik di Sabu Raijua sudah dipulihkan 100 persen karena seluruh gardu yang terdampak sudah berhasil dinyalakan kembali...
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur memulihkan seluruh kerusakan listrik di Kabupaten Sabu Raijua akibat sebuah pembangkit listrik terbakar di daerah itu.

"Saat ini pasokan listrik di Sabu Raijua sudah dipulihkan 100 persen karena seluruh gardu yang terdampak sudah berhasil dinyalakan kembali," kata General Manager PLN UIW NTT Fintje Lumembang dalam keterangan yang diterima di Kupang, Minggu, (22/1/2023).

Ia menjelaskan kebakaran satu unit mesin pembangkit yang berstatus sewa dengan kapasitas 400 kilowatt (kW) di Sabu Raijua pada Jumat (20/1) malam mengakibatkan sebanyak 88 unit gardu padam.

Saat kebakaran, kata dia, petugas PLN di lokasi langsung melakukan pemadaman api dengan alat pemadam api ringan dan bera maupun pasir yang tersedia disusul tim teknis PLN yang turun ke lapangan untuk mengamankan aset yang terbakar, terutama yang berpotensi bahaya.

Kebakaran tersebut, kata dia, mengakibatkan jaringan PLN harus dipadamkan untuk mengisolir jalur mesin yang terganggu agar tidak berdampak sekaligus mengamankan mesin lain yang berdekatan agar bisa dioperasikan kembali.

"PLN telah mengambil langkah sigap dengan memutus suplai listrik untuk mencegah dampak yang lebih luas sehingga pasokan listrik untuk sebanyak 15.308 pelanggan terputus," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah mengerahkan satu unit mesin pembangkit tambahan dari Kupang serta tiga mesin genset dari Pulau Sumba untuk memulihkan kembali pasokan listrik di Sabu Raijua.

Dengan dukungan pembangkit tambahan itu, kata dia, beban puncak malam hari yang mencapai 2.490 kW dapat terpenuhi dengan kapasitas daya pembangkit saat ini yang mencapai mampu 2.790 kW.

Fintje menambahkan, saat ini pihaknya masih dalam proses meneliti penyebab kebakaran mesin pembangkit tersebut dan selanjutnya diperbaiki agar bisa dioperasikan kembali.

Ia mengimbau masyarakat atau pelanggan di Sabu Raijua jika masih mengalami gangguan pasokan listrik untuk menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile sehingga mudah dipantau secara digital dan segera ditindaklanjuti hingga tuntas.

Baca juga: PLN NTT hadirkan SPKLU dukung kendaraan listrik di Sumba Timur

Baca juga: PLN bentuk unit kerja baru percepat pembangunan listrik desa di Pulau Sumba
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2023