PDAM Ende pastikan kualitas air telah diperiksa di laboratorium

id Kualitas air, perumda tirta kelimutu, ende, air bersih, ntt, flores

PDAM Ende pastikan kualitas air telah diperiksa di laboratorium

Ilustrasi - Air yang mengalir di salah satu rumah warga di Ende, NTT. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Jadi pelanggan tidak perlu ragu dengan kualitas air yang disalurkan karena sudah diperiksa terlebih dahulu...
Mbay (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kelimutu Ende, Nusa Tenggara Timur memastikan kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan telah melalui pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu.

"Kami sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan agar ada pemeriksaan sampel secara rutin setiap bulan, jadi terjamin kualitasnya," kata Direktur Perumda Tirta Kelimutu Ende Yustinus Sani ketika dihubungi dari Mbay, Ibukota Kabupaten Nagekeo, Sabtu, (25/2/2023).

Mulai awal Februari 2023 lalu, Perumda Tirta Kelimutu Ende bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ende selama empat tahun ke depan.

Yustinus mengatakan hal itu merupakan bentuk pengawasan kualitas air yang menjadi salah satu inovasi pelayanan kepada masyarakat.

Lewat kerja sama tersebut, para petugas laboratorium dari dinas kesehatan setempat mengambil sampel air yang hendak didistribusikan lalu melakukan pemeriksaan.

Perumda Tirta Kelimutu Ende juga terus memperbaiki mutu dan kualitas air jika ada rekomendasi dari Laboratorium Kesehatan Lingkungan setempat.

Dengan demikian, kata Yustinus, air yang sampai ke rumah warga Ende terjamin kualitasnya dari sisi kesehatan baik untuk mandi maupun minum. 

"Jadi pelanggan tidak perlu ragu dengan kualitas air yang disalurkan karena sudah diperiksa terlebih dahulu," katanya menegaskan.

Seorang warga yang menjadi pelanggan Perumda Tirta Kelimutu Ende, Willy Aran memberikan apresiasi atas inovasi tersebut.

Menurutnya, pemerintah daerah harus melakukan pengawasan seperti itu agar masyarakat benar-benar mendapatkan air yang berkualitas.

"Pemeriksaan ini sangat penting sehingga kami sebagai pelanggan bisa tahu bahwa air yang kami konsumsi ini sehat dan tidak tercemar," katanya.

Dia pun menaruh harapan besar pada Perumda Tirta Kelimutu Ende untuk terus melakukan inovasi pelayanan publik lainnya.

Baca juga: 3.099 warga di Manggarai terima bantuan air bersih

Baca juga: IHWG FKUI serukan pentingnya memilih air minum berkualitas dan gizi seimbang