Kota Kupang tuan rumah penyelenggara Festival Forum KTI 2023

id NTT,festival bakti 2023,kota kupang

Kota Kupang tuan rumah penyelenggara Festival Forum KTI  2023

Asisten II Sekda Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Ignasius Lega (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan terkait persiapan kegiatan festival Bakti 2023 di Kota Kupang, Kamis. (ANTARA/Benny Jahang)

Kegiatan ini juga dilaksanakan 17 side event yang merupakan diskusi-diskusi tematik terpisah yang akan dilakukan setelah forum utama di sore hari...
Kupang (ANTARA) - Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Indonesia Timur (BaKti) telah menetapkan Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Forum Kawasan Indonesia Timur (KTI) 2023 untuk saling berbagi tentang praktik baik dalam pembangunan daerah.

"Festival Kawasan Indonesia Timur 2023 yang dilaksanakan di Kota Kupang merupakan kegiatan yang kesembilan. Pemilihan Kota Kupang sebagai tuan rumah sebagai upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah ini," kata Direktur Eksekutif Yayasan BaKti, Muhammad Yusran Laitupa di Kupang, Kamis, (20/7/2023).

Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Indonesia Timur bersama Pemerintah Kota Kupang menggelar Festival Forum Kawasan Indonesia Timur 2023,  pada 26-27 Juli 2023, dan diikuti sekitar 1.000 peserta dari berbagai latar belakang seperti pelaku usaha UMKM dari berbagai daerah di kawasan timur Indonesia.

Menurut dia, terdapat empat hal penting dalam pelaksanaan Festival Kawasan Indonesia Timur ini, seperti tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat lokal untuk memperkuat harmonisasi pembangunan yang telah dilakukan berbagai provinsi di kawasan Indonesia timur.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan 17 side event yang merupakan diskusi-diskusi tematik terpisah yang akan dilakukan setelah forum utama di sore hari yang melibatkan pemerintah, swasta, dan komunitas,” kata Muhammad Yusran Laitupa.

Festival Kawasan Indonesia Timur (KTI) 2023 yang berlangsung di halaman Rumah Jabatan Gubernur NTT itu dilaksanakan pameran keberhasilan pembangunan sejumlah wilayah di kawasan Indonesia timur melibatkan organisasi nirlaba atau NGO, komunitas dan sektor swasta.

“Ada malam budaya yang merupakan rangkaian dari pementasan budaya NTT yang menghadirkan kuliner khas NTT, tenun, tarian, musik, dan komoditas lokal, termasuk kopi, dan lain-lain,” kata Muhammad Yusran Laitupa.

Menurut dia kegiatan Festival Kawasan Indonesia Timur yang sudah menjadi agenda tahunan itu menjadi bagian dari proses interaksi yang dilaksanakan secara regional untuk meningkatkan kebanggaan terhadap produk dan budaya sendiri yang ada di KTI.

Asisten II Sekda Kota Kupang Ignasius Lega mengapresiasi terhadap Yayasan BaKti yang telah menetapkan Kota Kupang sebagai tuan rumah Festival Kawasan Indonesia Timur 2023.

Dia mengatakan Pemerintah Kota Kupang mulai melakukan berbagai kegiatan persiapan mulai 22 Juli 2023 guna menyukseskan malam budaya yang berlangsung pada 27 Juli 2023.

Baca juga: BPOLBF : Festival Lewokluok beri warna wisata yang beragam

"Masih ada beberapa kegiatan lain yang dilakukan selama kegiatan festival berlangsung. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini maka pembangunan ekonomi Kota Kupang terus berkembang," kata Ignasius Lega.

Baca juga: Artikel - Menembus kabut menuju Puncak Bukit Wolobobo di Ngada

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang Wildrian Ronald Otta mengatakan guna meramaikan Festival Kawasan Indonesia Timur 2023 Pemkot Kupang akan menggelar Festival Doldolu termasuk sejumlah kegiatan, diantaranya Expo UMKM dan Expo Properti.