Pencarian WNA hilang di Long Pink Beach Labuan Bajo resmi ditutup

id wisatawan hilang,basarnas maumere,labuan bajo,taman nasional komodo,manggarai barat,ntt,flores,long pink beach

Pencarian WNA hilang di Long Pink Beach Labuan Bajo resmi ditutup

Tim SAR Gabungan menyelam mencari WNA yang hilang di perairan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT sejak tanggal 3 Oktober 2023. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

Proses pencarian korban kami tutup di hari ke tujuh karena pencarian sudah tidak efektif lagi dan tanda-tanda penemuan korban sudah sangat kecil...
Kupang (ANTARA) - Basarnas Maumere resmi menutup operasi SAR pencarian warga negara asing asal China bernama Yi Liu (27) yang hilang saat berwisata di Long Pink Beach, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak tanggal 3 Oktober 2023.

"Proses pencarian korban kami tutup di hari ke tujuh karena pencarian sudah tidak efektif lagi dan tanda-tanda penemuan korban sudah sangat kecil," kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan yang bertindak sebagai SAR Mission Coordinator dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Senin, (9/10/2023) malam.

Penutupan operasi SAR hari ke tujuh didasarkan pada Undang-Undang Pelaksanaan Pencarian dan Pertolongan sesuai No 29 Tahun 2017 Pasal 34 bahwa pelaksanaan pencarian dan pertolongan dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tujuh hari.

Supiryanto Ridwan menyampaikan Tim SAR Gabungan memang telah melakukan pencarian baik di laut maupun menyusuri sabana di sekitar pantai sejak korban dilaporkan hilang pada tanggal 3 Oktober 2023 usai berwisata di pantai itu.

Pencarian terus menerus diperluas mulai dari hari pertama pencarian hingga hari ketujuh. Tim SAR Gabungan pun mengalami kendala arus laut yang cukup kuat sehingga menyulitkan proses pencarian korban.

"Namun apabila di lain hari korban ditemukan maka operasi SAR akan dibuka kembali," kata dia.

Pelaksanaan pencarian korban melibatkan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Pos SAR Manggarai Barat, Ditpolairud Polda NTT, Lanal Labuan Bajo, KSOP Labuan Bajo, Polres Manggarai Barat, dan nelayan.

Baca juga: Tim SAR hadapi arus laut kuat saat cari WNA di Long Pink Beach

Pelaksanaan pencarian korban hingga hari ke tujuh mengerahkan alut RIB Pos SAR Manggarai Barat, Searider KSOP Labuan Bajo, Kapal Pinisi Qifadzah, dan sekoci di sekitar lokasi kejadian.

Baca juga: Tim SAR gabungan cari WNA hilang di Long Pink Beach Labuan Bajo

"Namun hasil nihil, korban pun dinyatakan hilang," ungkapnya.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pencarian WNA yang hilang di Long Pink Beach Labuan Bajo resmi ditutup