Polda-TNI NTT siap bantu KPU distribusi logistik Pemilu 2024

id NTT,pemilu 2024,KPUD NTT,pengamanan pemilu,Polda ntt

Polda-TNI NTT siap bantu KPU distribusi logistik Pemilu 2024

Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johni Asadoma (ANTARA/Benny Jahang)

Pasti kami kerja kolaborasi dengan TNI AL yang juga memiliki fasilitas operasi di laut untuk membantu distribusi logistik pemilu melalui jalur laut ke daerah pesisir...
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) dan TNI siap membantu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dalam mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah yang sulit dijangkau kendaraan di Provinsi Nusa Tenggara Timur demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024.

"Guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, tentu kami selalu siap membantu penyelenggara pemilu dalam mendistribusikan logistik pemilu ke daerah yang sulit terjangkau," kata Kapolda Irjen Pol Johni Asadoma di Kupang, Selasa, (17/10/2023)

Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan hal itu setelah memimpin upacara gelar apel pasukan sebagai bagian dari persiapan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum 2024.

Ia menjelaskan Kepolisian tentu selalu bersinergi dengan TNI dalam membantu KPUD untuk mendistribusikan berbagai logistik pemilu ke wilayah yang sangat terisolasi seperti wilayah pesisir maupun ke pulau-pulau yang masih terbatas dengan sarana transportasi.

"Pasti kami kerja kolaborasi dengan TNI AL yang juga memiliki fasilitas operasi di laut untuk membantu distribusi logistik pemilu melalui jalur laut ke daerah pesisir," tegas Kapolda Irjen Johni Asadoma.

Menurut dia, Kepolisian Daerah NTT memiliki 20 unit kapal operasi jenis tipe C2 dan C3 serta delapan unit sirider yang bisa digunakan baik untuk mendukung pengamanan distribusi logistik pemilu melalui jalur laut.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Dohu mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang sulit terjangkau kendaraan dalam distribusi logistik pemilu.

Guna mengatasi hal itu kata dia KPUD NTT telah berkoordinasi dengan TNI/Polri di provinsi berbasis kepulauan ini untuk bersama-sama mengatasi kendala itu.

"Kami sudah melakukan koordinasi bersama TNI/Polri terkait peta distribusi logistik pemilu baik melalui jalur darat, udara maupun laut. Bahkan ada yang menggunakan sarana transportasi hewan dalam mendistribusikan logistik pemilu karena saat distribusi logistik pemilu pada Februari 2024 Provinsi NTT sudah memasuki musim penghujan," kata Thomas Dohu.

Baca juga: Polda gelar pasukan operasi mantap brata pengamanan Pemilu 2024 di NTT

Ia berharap dukungan semua pihak di NTT untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024 terutama dalam distribusi logistik pemilu sehingga pelaksanaan pemilu di NTT berjalan dengan sukses.

Baca juga: Polda NTT dan jurnalis tanam 1.870 mangrove peringati HUT Humas Polri

Mantan Ketua KPUD Kabupaten Manggarai Barat itu mengapresiasi terhadap Kepolisian dan TNI di NTT yang telah siap untuk menjalankan tugas pengamanan pemilu 2024.