KPU Manggarai Barat siap distribusi logistik ke 12 kecamatan

id KPU Manggarai Barat, Distribusi Logistik Pemilu, Pemilihan Umum, Krispianus Bheda, kecamatan

KPU Manggarai Barat siap distribusi logistik ke 12 kecamatan

Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat Krispianus Bheda (ANTARA/HO-Gecio Viana)

Semua jenis kebutuhan logistik sudah lengkap dan siap didistribusikan. Pendistribusian logistik pemilu dilaksanakan secara serentak pada Senin (12/2/2024)...
Labuan Bajo (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT)  Krispianus Bheda mengatakan distribusi logistik pemilihan umum (pemilu) 2024 di 900 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kecamatan siap dilakukan pada 12 Februari 2024.
 
"Semua jenis kebutuhan logistik sudah lengkap dan siap didistribusikan. Pendistribusian logistik pemilu dilaksanakan secara serentak pada Senin (12/2/2024) dengan memprioritaskan wilayah Kecamatan terjauh, yakni secara berturut-turut Kecamatan Ndoso, Macang Pacar, Pacar, Kuwus Barat, Kuwus, Welak, Lembor Selatan, Lembor, Sano Nggoang, Mbeliling, Boleng dan Komodo," katanya ketika dihubungi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (11/2/2024). 
 
Dia menjelaskan logistik pemilu tersebut terdiri atas perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya.
 
Lebih lanjut mekanisme pendistribusian logistik dilakukan dengan tujuan langsung ke TPS melalui titik-titik distribusi yang secara langsung didistribusikan oleh penyelenggara tingkat kecamatan dan dikendalikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Manggarai Barat.
 
"Dalam upaya memastikan pendistribusian logistik pemilu 2024 berjalan dengan aman dan tiba di lokasi TPS dengan selamat, KPU Kabupaten Manggarai Barat telah melakukan rapat koordinasi dengan para pihak, baik TNI-Polri dan Bawaslu dan para pihak yang lainnya pada Sabtu (10/2/2024).
 
Selain rapat koordinasi, lanjut dia, KPU Kabupaten Manggarai Barat memastikan bahwa setiap kendaraan pengangkut logistik pemilu baik roda empat, perahu motor maupun sepeda motor dari gudang logistik KPU Kabupaten Manggarai Barat sampai ke TPS harus dilengkapi sarana dan prasarana pengamanan utama seperti terpal dan plastik. 

Baca juga: KPU Lembata gunakan terpal di mobil logistik antisipasi hujan

Baca juga: KPU Sikka distribusikan 2.175 KS untuk wilayah pulau dan terjauh

Baca juga: KPU : KTP El hanya digunakan untuk memilih di alamat domisili
 
"Logistik pemilu 2024 diharapkan sudah tiba di 900 TPS sebelum pukul 21.00 Wita tanggal 13 Februari 2024. Tujuannya adalah agar penyelenggara tingkat TPS yakni KPPS punya cukup waktu mempersiapkan diri untuk kegiatan pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (14/2/2024).