Kakanwil Kemenkumham NTT pantau langsung TPS Khusus di Kupang

id Kemenkumham NTT,TPS khusus,Kota Kupang

Kakanwil Kemenkumham NTT pantau langsung TPS Khusus di Kupang

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone saat memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 3 TPS Khusus di Kota Kupang, Rabu (14/2/2024).ANTARA/Ho-Kemenkumham NTT

Kami mengimbau seluruh WBP yang sudah terdaftar dalam DPT, DPTb dan DPK untuk menggunakan hak pilihnya...
Kupang (ANTARA) - Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 3 TPS Khusus di Kota Kupang, Rabu (14/2/2024).

 Masing-masing, dua TPS Khusus di Lapas Kelas IIA Kupang (TPS 901 dan 902), serta satu TPS Khusus di Rutan Kelas IIB Kupang (TPS 903).

Marciana mengatakan, TPS Khusus merupakan fasilitas pemungutan suara yang diperuntukkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas/Rutan. Di Kota Kupang, WBP yang tercatat dalam DPT, DPTb dan DPK tersebar di Lapas Kupang, Rutan Kupang, Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang, dan LPKA Klas I Kupang.

Untuk pemilih dari Lapas Perempuan Kupang menyalurkan hak pilih di TPS Khusus Rutan Kupang, sedangkan pemilih dari LPKA Kupang mencoblos di TPS Khusus Lapas Kupang.

Di seluruh NTT, terdapat 16 TPS Khusus yang tersebar di 14 Lapas/Rutan dengan total jumlah DPT sebanyak 1886 orang, DPTb 1006 orang, dan DPK 22 orang,” ujarnya.

Dari pantauannya, lanjut Marciana, proses pemungutan suara secara umum berjalan dengan aman dan lancar. Pihaknya mengapresiasi para WBP yang tetap semangat menyalurkan hak pilih walaupun Kota Kupang tengah diguyur hujan. Para WBP juga tampak bergembira menyambut pesta demokrasi untuk memilih pemimpin sesuai hati nurani.

“Kami mengimbau seluruh WBP yang sudah terdaftar dalam DPT, DPTb dan DPK untuk menggunakan hak pilihnya. Kami ajak berdoa mohon petunjuk Tuhan, siapa yang terbaik menurut mereka dan menurut kehendak Tuhan,” imbuhnya.

Marciana menambahkan, seluruh jajaran ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT termasuk UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian juga telah diingatkan untuk wajib mengikuti Pemilu 2024. Para ASN diminta untuk tidak golput. Sejalan dengan itu, para ASN dilarang mempengaruhi orang lain termasuk para WBP untuk memilih kandidat tertentu karena ASN harus netral.

“Kami memastikan tidak ada praktik serangan fajar di Lapas/Rutan. Seluruh jajaran ASN sudah diimbau untuk netral. Oknum yang melanggar akan dilaporkan kepada Komisi ASN,” tegasnya.

Baca juga: Gubernur NTT berikan hak suara di Pemilu 2024 di Kupang

Baca juga: Prabowo-Gibran Pimpin hasil "Exit poll"

Baca juga: Petugas PPS dan PPK di Flores bawa logistik dengan berjalan kaki




Saat memantau pemungutan suara di Rutan Kupang, Marciana secara khusus membagi-bagikan coklat kepada para WBP Lapas Perempuan Kupang yang menyalurkan hak pilih di TPS Khusus 903. Pembagian coklat tidak lain untuk merayakan Hari Valentine yang bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu 2024.