Satpol PP patroli rutin beri kenyamanan wisatawan di Labuan Bajo

id Satpol PP Manggarai Barat, patroli, wisatawan Pasar Rakyat Batu Cermin,Yeremias Ontong

Satpol PP patroli  rutin beri kenyamanan wisatawan di Labuan Bajo

Suasana penertiban di Pasar Rakyat Batu Cermin oleh Satpol PP Manggarai Barat di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (19/2/2024). (ANTARA/HO-Kominfo Manggarai Barat)

Kita tentu tidak mau para wisatawan yang datang ke daerah ini membawa pulang kisah yang buruk tentang Labuan Bajo...
Labuan Bajo (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) rutin menggelar patroli untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo.

Salah satu tempat yang rutin dilakukan operasi adalah Pasar Rakyat Batu Cermin. Sejumlah pedagang sering menjajakan dagangannya di badan jalan sehingga membuat arus lalu lintas terganggu.

"Itu salah satu jalur utama bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke lokasi wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo. Kita tentu tidak mau para wisatawan yang datang ke daerah ini membawa pulang kisah yang buruk tentang Labuan Bajo,” kata Kasat Pol PP Manggarai Barat Yeremias Ontong dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Selasa (20/2).

Menurut dia Pasar Rakyat Batu Cermin harus selalu dalam kondisi yang indah dipandang. Tidak boleh ada para pedagang yang menggelar dagangan hingga ke badan jalan.

Dia menjelaskan patroli yang dilakukan menargetkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di badan jalan, baik yang menjual ikan sambil duduk, maupun yang menjual sayur dengan menggunakan kendaraan roda empat.

“Ya, Senin kemarin kami gelar patroli di sana pukul 08.30 Wita dan pukul 15.00 Wita,” ujarnya.

Dia menambahkan operasi dan patroli yang digelar merupakan tugas rutin yang harus jalankan. Pelaksanaan kegiatan patroli rutin ini merupakan bagian penegakan peraturan daerah di daerah itu yakni Peraturan Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Nomor 01 Tahun 2019 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat.

Patroli yang digelar secara rutin ini, nampaknya berdampak cukup positif. Para pedagang yang biasanya menggelar dagangan di badan jalan sudah tidak terlihat lagi. Jika muncul, itu hanya pada jam-jam tertentu.

Seorang warga Wae Kesambi Desa Batu Cermin Kornelis Kurma mengucapkan terima kasih atas kinerja Satpol PP Manggarai Barat.

“Secara pribadi, saya berterima kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, khususnya kepada Satpol PP, yang selama satu bulan terakhir ini rutin menggelar patroli di Pasar Batu Cermin,” katanya.

Patroli yang digelar Satpol PP itu, kata dia, membuat para pedagang agak tertib, terutama yang biasanya menggelar dagangan di badan jalan.

Baca juga: Desa Wisata Wae Lolos hadirkan tujuh destinasi alam tarik wisatawan

Baca juga: BPOLBF imbau para pelaku parekraf utamakan keamanan dan keselamatan

Baca juga: BPOLBF-Pelaku pariwisata diskusi bahas pengembangan Labuan Bajo


Kornelis berharap, agar patroli Pol PP di Pasar Batu Cermin itu digelar secara rutin, hingga pada akhirnya tidak ada lagi pedagang yang menggelar dagangan di badan jalan sesuka hati.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satpol PP patroli rutin guna kenyamanan wisatawan di Labuan Bajo