Bandara udara Larantuka siapkan kebijakan penerbangan jelang Semana Santa

id perhubungan,bandara larantuka,bandara,penerbangan,semana santa,flores timur,ntt,flores

Bandara udara Larantuka siapkan kebijakan penerbangan jelang Semana Santa

Ilustrasi - Kedatangan penumpang pesawat di Bandara Gewayantana Larantuka, Flores Timur, NTT, Sabtu (9/3/2024). (ANTARA/HO-Kantor UPBU Kelas III Gewayantana Larantuka)

Kami sebagai unit penyelenggara bandar udara di bawah Kementerian Perhubungan tentunya sangat memegang teguh komitmen ini,
Kupang (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Gewayantana Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyiapkan kebijakan penerbangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat momen ziarah Semana Santa pada perayaan Paskah.

"Kami sebagai penyelenggara bandara siap memfasilitasi extra flight (penerbangan tambahan) yang diperlukan sesuai dengan lonjakan penumpang," kata Kepala Kantor UPBU Kelas III Gewayantana Larantuka Puguh Lukito ketika dihubungi dari Kupang, Senin (11/3).

Ziarah Semana Santa merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang ramai diikuti oleh masyarakat baik dari dalam dan luar negeri di Kota Larantuka.

Sesuai informasi yang ia peroleh dalam rapat koordinasi dengan pemerintah daerah, prakiraan peziarah bisa mencapai 20 ribu hingga 25 ribu pada akhir Maret 2024 nanti.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang datang menggunakan moda transportasi udara, Kantor UPBU Kelas III Gewayantana Larantuka pun menyiapkan kebijakan penerbangan tambahan bagi maskapai.

Baca juga: BPOLBF ajak masyarakat sukseskan Festival Bale Nagi
Baca juga: Pemkab Flores Timur klaim belanja peziarah Semana Santa capai Rp15 miliar


Apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang melalui reservasi tiket maskapai, layanan di bandara disiapkan untuk dua hingga tiga kali penerbangan dari normalnya hanya satu kali penerbangan.

Selain itu pihaknya pun memperkuat unsur pengamanan di bandara seperti Aviation Security (AVSEC), serta mengajak dukungan kerja sama pihak kepolisian dan TNI baik angkatan udara maupun darat dengan peningkatan jumlah personel dan waktu penjagaan.

Ia menegaskan komitmen dari Kantor UPBU Kelas III Gewayantana Larantuka untuk menerapkan aspek keselamatan, keamanan, serta pelayanan baik terhadap pengguna jasa penerbangan.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan beberapa hal teknis juga seperti memperbaharui marka pada sisi udara, lalu merapikan landasan, dan pengaturan penjemputan penumpang di bandara dengan baik.

Ia berharap berbagai upaya yang telah dilakukan dan kebijakan yang disiapkan dapat meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jasa yang hendak berziarah di Larantuka menggunakan moda transportasi udara.

"Kami sebagai unit penyelenggara bandar udara di bawah Kementerian Perhubungan tentunya sangat memegang teguh komitmen ini," kata Puguh Lukito.  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Larantuka siapkan kebijakan penerbangan jelang Semana Santa