Gerindra siapkan lima kader di Pilkada Kota Kupang

id NTT,Kota Kupang,Pilwalkot Kupang,Pilkada 2024,Gerindra siapkan lima kader,siapkan lima kader untuk Pilkada Kota Kupang

Gerindra siapkan lima kader di Pilkada Kota Kupang

Ketua Bapilu Gerindra Kota Kupang (kiri) ketika bersama pengurus DPC Gerindra Kota Kupang saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kupang, Jumat. ANTARA/Kornelis Kaha

...Kami membuka ruang seluas-luasnya untuk putra-putri terbaik di Kota Kupang yang ingin mendaftar, ujar dia
Kupang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Kupang menyatakan, pihaknya telah menyiapkan lima kader terbaik untuk maju menjadi calon kepala daerah di ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu pada Pilkada bulan November 2024 mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Gerindra Kota Kupang Antonio P.D Sarmento kepada wartawan di Kota Kupang, Jumat mengatakan bahwa empat kader gerindra itu merupakan putra putri terbaik setempat.

"Ada Pak Isidorus Lilijawa, ada ibu Maria Salouw, pak Christofel Liyanto, Ibu Serena Cosgrova Francis, serta pak Stanley Boymau, kelimanya merupakan putra, putri terbaik Kota Kupang dari Gerindra,” katanya di Kupang, Jumat, (19/4/2024).

Dia mengatakan bahwa walaupun sudah memiliki empat kader untuk maju di Pilkada Kota Kupang, namun pihaknya tetap membuka diri untuk menerima calon dari eksternal partai Gerindra.

“Kami membuka ruang seluas-luasnya untuk putra-putri terbaik di Kota Kupang yang ingin mendaftar,” ujar dia.

Namun, ujar dia, pembukaan pendaftaran bagi baru akan dibuka pada 23 April setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan batas waktunya sampai dengan 15 Mei 2024.

Pihaknya telah berkoordinasi juga dengan beberapa partai di Kota Kupang, mulai dari Perindo, PKB, PSI dan beberapa partai lainnya untuk bersama-sama bertarung di Pilkada Kota Kupang.

“Kami memangun komunikasi dengan semua partai, mana yang cocok dan sepakat untuk membangun koalisi,” sambungnya.

Antonio mengatakan, pada pemilu legislatif 14 Februari 2024, Gerindra Kota Kupang berhasil merebut lima kursi di DPRD Kota Kupang dan juga merebut Ketua DPRD. Akan tetapi, untuk mengusung calon wali kota, partai pengusung minimal mengantongi delapan kursi di dewan.

Sejumlah partai yang disebutkan di atas merupakan partai yang dikoordinasi untuk koalisi sebab Partai PSI kini 3 kursi. Perindo 5 kursi, dan PKB 5 kursi.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) NTT Chiristian Widodo menyatakan bahwa pihaknya justru sudah membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah provinsi dan Kabupaten/Kota sejak Kamis (18/4) kemarin dan akan ditutup pada akhir Juli.

Baca juga: KPU bilang ada dua jalur pendaftaran calon pemilukada

“Kami memang sengaja pembukaan pendaftaran dengan rentan waktu lama sambil melihat dinamika politik,” ujar dia.

Baca juga: Aetikel - KPU ancang-ancang gelar pesta demokrasi sesuai jadwal UU Pilkada

Dia mengatakan bahwa saat ini untuk kader calon Wali Kota Kupang masih dalam diskusi di internal partai, namun pihaknya membuka kesempatan jika ada pihak eksternal yang hendak mencalonkan diri.