Kapolda NTT: TNI-Polri berperan penting jaga kawasan wisata Labuan Bajo

id NTT,Kapolda NTT,Kota Kupang,Polda NTT, pariwisata,Labuan Bajo

Kapolda NTT: TNI-Polri berperan penting jaga kawasan wisata Labuan Bajo

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga berpose dengan sejumlah personel TNI AL dan Personel Polri di Labuan Bajo, Manggarai Barat. ANTARA/Ho-Humas Polda NTT.

...Diharapkan kepada kita semua untuk selalu bekerja sama dan saling membantu dalam menjalani tugas menciptakan keamanan di tengah masyarakat. Kita semua bertanggung jawab atas keamanan itu sendiri, katanya dalam keterangan yang diterima dari Labuan
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengingatkan jajaran TNI-Polri memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Labuan Bajo, Manggarai Barat yang kini menjadi kawasan wisata super prioritas.

"Diharapkan kepada kita semua untuk selalu bekerja sama dan saling membantu dalam menjalani tugas menciptakan keamanan di tengah masyarakat. Kita semua bertanggung jawab atas keamanan itu sendiri," katanya dalam keterangan yang diterima dari Labuan Bajo, Selasa, (20/8).

Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk meninjau wilayah tersebut dan memberikan arahan kepada anggota Polres Manggarai Barat, Brimob Labuan Bajo, serta anggota TNI AL dari Lanal Manggarai Barat,

Dia mengatakan bahwa kehadiran TNI-Polri sangat dibutuhkan untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat dan tamu atau wisatawan yang datang dari berbagai daerah, baik domestik maupun internasional.

"Pada hari ini kita semua berkumpul di tempat ini, mari kita bersatu untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang sangat berharga. Jika kita bisa mempertahankannya, negara kita akan terus kuat dan abadi. Namun, jika kita tidak bersatu, kita bisa dijajah," ujar orang nomor satu di Mapolda NTT itu.

Kapolda juga menyoroti peran strategis yang diemban oleh personel Polres Manggarai Barat dalam menjaga keamanan di daerah wisata tersebut, meskipun dengan fasilitas yang masih terbatas.

Ia berkomitmen untuk terus memikirkan peningkatan fasilitas demi mendukung tugas-tugas kepolisian di wilayah tersebut.

"Ini merupakan tanggung jawab saya sebagai Kapolda untuk memastikan kalian bisa bertugas dengan baik di sini," tegasnya.

Selain itu komandan berbintang dua itu juga mengingatkan tentang pentingnya disiplin, hierarki, dan loyalitas yang harus selalu dijunjung tinggi oleh setiap personel, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul.

Ia juga menekankan pentingnya peran Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan dalam tugas kepolisian untuk menjaga keamanan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Christian Kadang, S.I.K., dalam acara tersebut, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan arahan dari Kapolda NTT.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami karena Bapak Kapolda NTT bisa hadir di tengah-tengah kami. Semoga dengan kunjungan ini, semangat kami semakin meningkat dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan di wilayah hukum Polres Manggarai Barat, terutama dalam menghadapi Pilkada 2024," ucap Kapolres Manggarai Barat.

Baca juga: Polda NTT bantah palsukan dokumen anak kapolda agar lolos seleksi catar Akpol

Selain memberikan arahan, Kapolda NTT yang didampingi oleh sejumlah Pejabat Utama Polda NTT dan Kapolres Manggarai Barat, juga menyerahkan tali asih secara simbolis kepada tiga personel perwakilan, yakni satu anggota Polres Manggarai Barat, satu anggota Brimob, dan satu anggota Lanal Manggarai Barat.

Baca juga: Kapolda perintahkan personelnya humanis selama operasi patuh turangga