Artikel - Membongkar rumah-pabrik narkoba yang dijalankan keluarga di Serang

id Pabrik narkoba di Serang, bnn ri, pabrik PCC, PCC targetkan anak SMA Oleh Devi Nindy Sari Ramadhan

Artikel - Membongkar rumah-pabrik narkoba yang dijalankan keluarga di Serang

BNN menunjukkan barang bukti narkotika jenis PCC beserta bahan baku di pabrik narkoba rumahan di Kota Serang, Rabu (2/10/2024). ANTARA/Devi Nindy

Enggak kelihatan (kejanggalannya), paling ada yang menyapu, cuci mobil, tapi enggak setiap hari. Enggak mencurigakan sih, hanya pintu gerbangnya ditutup...
Serang (ANTARA) -
Warga RT 14/RW 01 Lingkungan Gurugui Kompleks Purna Bakti, Taktakan, Kota Serang, tak pernah mengira bahwa rumah mewah yang berdiri di kawasan itu sebagai pabrik narkotika selama 2 bulan terakhir.

Praktik ilegal di rumah itu memang akhirnya terungkap. Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 27 September lalu membongkar pabrik narkotika jenis PCC (paracetamol, caffeine, carisoprodol) yang dijalankan oleh tuan rumah  Beny Setiawan bersama keluarganya.
 
Sejumlah barang ilegal siap edar berupa 971.000 butir PCC serta berton-ton bahan obat keras berbahaya tersebut akhirnya disita petugas.
 
Pada saat penggerebekan berlangsung, Ketua RT 14 Akhmad Husni menyaksikan sendiri warganya tertangkap basah beserta barang buktinya.
 
Ia mengaku sempat dihubungi berulang kali oleh BNN untuk memantau aktivitas orang dalam rumah mewah itu sebelum penggerebekan hingga akhirnya ia menerima laporan bahwa dua warganya ditangkap untuk diperiksa dalam kasus tersebut.
 
Husni menceritakan bahwa selama ini warga tidak menemukan hal yang janggal pada aktivitas penghuni rumah mewah yang berpagar cukup tinggi itu.
 
“Enggak kelihatan (kejanggalannya), paling ada yang menyapu, cuci mobil, tapi enggak setiap hari. Enggak mencurigakan sih, hanya pintu gerbangnya ditutup,” ujar dia.
 
Beny sempat melaporkan ke Ketua RT bahwa ada penarikan utang di rumah tersebut. Hanya saja, Husni sempat terkejut ketika Beny keluar dari grup Whatsapp warga kompleks.
 
Pada Juli 2024, RY yang mengaku istri Beny, melapor rumah itu akan ditinggali saudara bapaknya bernama JF.
 
Meski jarang bersosialisasi, RY sering menyumbang air mineral untuk acara-acara pengajian warga setempat sehingga kecurigaan tersebut hilang.
 

Pengungkapan pabrik narkoba