Petugas kesehatan sosialisasikan pola hidup bersih di TTS

id pola hidup sehat

Petugas kesehatan sosialisasikan pola hidup bersih di TTS

Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, Epy Tahun. (ANTARA/HO-istimewa)

Bupati TTS Epy Tahun akan mengerahkan petugas kesehatan ke desa-desa terpencil untuk melakukan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah adanya serang penyakit menular pada musim pancaroba .
Kupang (ANTARA) - Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, Epy Tahun akan mengerahkan petugas kesehatan ke desa-desa terpencil untuk melakukan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah adanya serang penyakit menular pada musim pancaroba .

"Dalam kondisi suhu udara yang panas dan  air yang terbatas tentu mudah munculnya penyakit menular, sehingga perlu dilakukan antisipasi dengan memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang polah hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari serangan penyakit," kata Bupati Timor Tengah Selatan Epy Tahun ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Sabtu (2/11).

Ia mengatakan, kemarau panjang yang sedang melanda wilayah TTS juga telah mengakibatkan terjadinya krisis air bersih yang dialami sejumlah kecamatan di daerah itu.

Baca juga: BPBD terus memantau dampak kekeringan di TTS
Baca juga: Bupati TTS: Jauhkan api dari hutan


Dalam keterbatasan air bersih, kata dia, rawan terhadap munculnya virus penyakit menular karena lingkungan yang kurang bersih dan keterbatasan air bersih.

"Kami sudah meminta Dinas Kesehatan untuk mengerahkan para petugas kesehatan di Puskesmas-Puskesmas di TTS untuk turun ke desa-desa untuk memberikan sosialisasi terhadap masyarakat tentang PHBS sehingga terhindar dari serangan penyakit seperti diare," kata Epy Tahun.

Orang nomor satu di kabupaten penghasil kayu cendana ini mengatakan, selain mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat, para petugas kesehatan juga mengedukasi warga tentang pengolahan makanan yang sehat sehingga terhindar dari kasus keracunan makanan yang sering terjadi di daerah itu.

"Para petugas kesehatan nanti turun ke desa memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang bagaimana mengolah makanan yang sehat sehingga bisa terhindar dari keracunan makanan yang pernah dialami masyarakat daerah ini," tegas Epy Tahun. 

Baca juga: Distribusi air bersih di TTS terhambat keterbatasan mobil tanki
Baca juga: Krisis air bersih landa ribuan KK di TTS