Akan ada lonjakan penumpang jelang Natal-Tahun Baru 2020

id Pelni

Akan ada lonjakan penumpang jelang Natal-Tahun Baru 2020

Para calon penumpang yang hendak melaksanakan liburan Natal dan Tahun Baru 2020 bersama keluarga di kampung halaman. (ANTARA FOTO/izaac mulyawan/pras).

"Kenaikan penumpang liburan Natal dan Tahun Baru 2020 itu karena harga tiket pesawat masih tinggi," kata Ishak Nuka.
Kupang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur memperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang angkutan laut sebesar 5-7 persen pada liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kepala Dinas Perhubungan NTT Ishak Nuka ketika ditemui Antara di Kupang, Selasa (17/12), mengatakan bahwa kenaikan penumpang liburan Natal dan Tahun Baru itu karena harga tiket pesawat masih tinggi.

"Oleh karena itu, baik ASDP maupun Pelni sudah menyatakan akan menambah armada untuk mengangkut warga NTT yang akan berlibur ke kampung halaman masing-masing," katanya

Ishak mengatakan saat ini ASDP Kupang memiliki delapan armada, dan akan ditambah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Cakalang 2 yang selama ini melayari rute Sape-Labuan Bajo.

Kapal tersebut segera digeser ke Kupang, karena memang sedang dalam proses pengurusan surat-surat untuk mengeser kapal itu ke Kupang, dan diharapkan dalam pekan ini sudah bisa membantu di wilayah perairan NTT.
Sebuah kapal feri hendak berlabuh di pelabuhan Deri di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.)
Kapal yang memiiliki 693 GT tersebut akan ditempatkan di Pelabuhan Penyeberangan Bolok di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Ishak menambahkan selain PT ASDP yang akan menambah jumlah armada menghindari lonjakan penumpang PT Pelni juga akan menambah Kapal Motor (KM) Lambelu.

KM. Lambelu akan memperkuat lima armada yang selama ini menyingahi Pelabuhan Tenau Kupang yakni KM Awu, Sirimau, Bukit Siguntang, Wilis, dan Umsini.

"Tambahan dari Pelni yakni KM Lambelu. Sehingga akan ada lima KM yang disiapkan oleh Pelni untuk masyarakat NTT," tutur dia.

Selain itu Ishak menambahkan selain angkutan laut, NTT juga menyiapkan angkutan darat berupa bus damri denggan rute ke Kupang Kefemenanu, Ende dan Waingapu.
Arus penumpang di Pelabuhan Tenau Kupang (ANTARA FOTO/HO-Dok)