275 pendaftar lolos seleksi administrasi PPK di Manggarai

id pilkada manggarai 2020

275 pendaftar lolos seleksi administrasi PPK di Manggarai

Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono. (ANTARA/Bernadus Tokan)

"Seleksi administrasi sudah selesai dilakukan. Ada 275 peserta yang akan mengikuti seleksi lanjutan untuk memperebutkan posisi PPK sebanyak 60 orang," kata Thomas Aquino Hartono..
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 275 pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi untuk menjadi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Seleksi administrasi sudah selesai dilakukan. Ada 275 peserta yang akan mengikuti seleksi lanjutan untuk memperebutkan posisi PPK sebanyak 60 orang," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Thomas Aquino Hartono, Rabu (29/1).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan perkembangan proses seleksi PPK untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di wilayah itu.

Menurut dia, calon anggota PPK yang lolos seleksi terbanyak ada di Kecamatan Langke Rembong yakni 57 orang, disusul Satar Mese Utara 31 orang dan Satar Mese Barat 30 orang.

Baca juga: Bakal calon perseorangan masih sepih peminat
Baca juga: Pilkada 2020 di Manggarai Barat diharapkan berlangsung sehat


Sementara jumlah calon yang lolos paling sedikit terdapat di Kecamatan Reok yakni sembilan orang, Reok Barat 11 orang, dan Kecamatan Lelak 15 orang.

Dia mengatakan, para calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi ini akan mengikuti seleksi tertulis yang akan digelar pada Kamis (30/1).

Menurut dia, proses seleksi akan berlangsung ketat, karena jumlah calon cukup banyak, sementara kebutuhan anggota PPK di daerah itu hanya 60 orang untuk 12 kecamatan.

KPU, kata dia, telah mengimbau kepada seluruh masyarakat daerah itu, untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap rekam jejak para calon anggota PPK Manggarai.

Masukan dari masyarakat ini, kata dia, akan menjadi pertimbangan bagi KPU dalam proses penentuan calon anggota PPK.

Baca juga: KPU Manggarai diharapkan bisa mengoptimalkan anggaran pilkada
Baca juga: Disepakati Rp19 miliar untuk biayai Pilkada 2020 di Manggarai