BEI NTT dorong pengusaha lokal akses dana melalui pasar modal

id NTT,BEI NTT,Pengusaha lokal,Pemda NTT,Pasar saham,IHSG

BEI NTT dorong pengusaha lokal akses dana melalui pasar modal

Karyawan memotret layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (29/1/2021). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa)

Sebenarnya pengusaha-pengusaha lokal yang ada di NTT juga bisa mendapatkan dana dari pasar modal dengan IPO (Initial Public Offering)
Kupang (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Nusa Tenggara Timur mendorong para pengusaha lokal di provinsi berbasis kepulauan itu untuk mengakses dana dari pasar modal guna mendukung keberlangsungan usaha.

"Sebenarnya pengusaha-pengusaha lokal yang ada di NTT juga bisa mendapatkan dana dari pasar modal dengan IPO (Initial Public Offering)," kata Kepala Kantor Perwakilan BEI NTT Adevi Sabath Sofani di Kupang, Selasa, (9/3).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peluang akses keuangan di pasar modal yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha di NTT untuk mengembangkan sektor usahanya.

Pengusaha lokal, kata dia tidak hanya bisa mengakses dana dari lembaga jasa keuangan namun juga di pasar modal untuk mengembangkan usahanya dengan menerbitkan sahamnya di bursa.

Sofani mengatakan tidak hanya bagi pelaku usaha, pemerintah daerah juga bisa mendapatkan dana dari pasar modal dengan menerbitkan obligasi daerah.

"NTT juga tentu perlu dana yang banyak untuk mengembangkan perekonomian, dan itu bisa kita dapatkan dengan menerbitkan obligasi," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan investor yang berinvestasi di pasar saham pada 2020 merupakan yang paling tinggi selama 10 tahun mereka berinvestasi di pasar modal.

Di awal pandemi COVID-19, kata dia kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) BEI sempat berada di posisi 3.900, selanjutnya meningkat pada Desember 2020 menjadi 5.000 dan saat ini mencapai 6.200.

"Untuk itu pengusaha lokal maupun pemerintah daerah bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan dana untuk menumbuhkan perekonomiannya," katanya.

Sofani menambahkan, BEI NTT sangat terbuka terhadap berbagai elemen yang ingin mendapatkan edukasi secara gratis tentang pasar modal.

Baca juga: BEI NTT sebut investor saham meningkat drastis capai 8.634
Baca juga: BEI buka empat galeri investasi di NTT
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar