Pemkab Kupang tanam pohon bakau di pesisir Teluk Kupang

id NTT,tanam bakau di kabupaten kupang

Pemkab Kupang tanam pohon bakau di pesisir Teluk Kupang

Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno (kedua dari kanan) didampingi Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof.Dr.Fred Benu (kiri) melakukan penanaman anakan pohon bakau di kawasan Teluk Kupang, Selasa (30/3). (Antara/HO-Protokol dan Komunikasi pimpinan Setda Kabupaten Kupang.)

Penanaman bibit ini dalam menjaga kelestarian lingkungan alam di kawasan pantai Teluk Kupang
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, menanam ratusan bibit pohon bakau di kawasan penggaraman Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang untuk mengantisipasi terjadinya abrasi.

"Penanaman ratusan bibit anak pohon bakau ini sebagai upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam menjaga kelestarian lingkungan alam di kawasan pantai Teluk Kupang serta menghindari terjadinya abrasi," kata Bupati Kupang Korinus Masneno, Selasa  (30/3).

Menurut dia, selain menjaga abrasi penanaman bibit pohon bakau juga untuk menjadikan kawasan Teluk Kupang sebagai lokasi wisata bagi masyarakat.

Penanaman bibit pohon bakau dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang dengan menggandeng pihak Universitas Nusa Cendana Kupang serta Lembaga Pemangku Adat Kabupaten Kupang.

Bupati Korinus Masneno mengajak warga di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste, itu untuk terus melestarikan lingkungan mangrove karena kawasan itu merupakan daerah yang potensial bagi pengembangan ekonomi baik usaha perikanan dan kelautan serta wisata.

Korinus Masneno menegaskan kawasan pantai Teluk Kupang terutama di Bipolo memiliki potensi pengembangan usaha garam yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Potensi yang paling diberkahi dan tidak perlu tanam ada di daerah ini, tinggal kita tuai dan jaga alamnya seperti garam. Investasi garam sangat berpotensial walaupun hasilnya kecil tapi pasti,"tegas Korinus Masneno.

Sementara itu Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, Prof.Dr. Fred Benu yang hadir dalam kegiatan penanaman bibit pohon bakau di Bipolo mengatakan pantai Teluk Kupang merupakan kawasan potensial untuk usaha perikanan dan kelautan bagi usaha ekonomi yang perlu dijaga kelestarianya oleh masyarakat.

"Apabila kawasan ini memiliki lingkungan alam yang baik maka akan ada rantai makanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan ikan, udang, sehingga kawasan mangrove ini harus dijaga dengan baik kedepannya," kata Fred Benu.

Baca juga: 92 pasien COVID-19 di Kabupaten Kupang masih dirawat

Baca juga: TNI bantu evakuasi jasad warga terseret sungai Taloi di Kabupaten Kupang


Ia mengatakan masyarakat Kabupaten Kupang harus menjaga kelestarian lingkungan alam di kawasan Teluk Kupang dengan menanam pohon bakau yang banyak untuk mengantisipasi terjadinya abrasi.