Dirut PLN perintahkan segera bangun menara listrik permanen di Kupang

id Dirut PLN,NTT,Kabupaten Kupang,Tower listrik,pemulihan listrik,dampak badai Seroja

Dirut PLN perintahkan segera bangun menara listrik permanen di Kupang

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini (kiri) saat berdiskusi dengan jajaran dalam kunjungan untuk meninjau titik kerusakan menara listrik akibat badai siklon tropis Seroja di Desa Tunfeu, Kabupaten Kupang, NTT, Rabu (21/4/2021). ANTARA/Aloysius Lewokeda

Secepat mungkin yah tower permanen dibangun karena ini kondisi darurat bencana
Kupang (ANTARA) - Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini memerintahkan jajaran agar tower (menara) listrik di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja segera dibangunkan kembali.

"Secepat mungkin yah tower permanen dibangun karena ini kondisi darurat bencana," kata Zulkifli Zaini dalam kunjungan didampingi sejumlah pimpinan PLN tingkat regional dan daerah di Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Rabu, (21/4).

Hal itu disampaikan Zulkifli Zaini kepada pimpinan PT Rekadaya Elektrika, anak usaha PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) selaku pelaksana pembangunan saat meninjau langsung lokasi kerusakan menara jaringan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 70 kilovolt (kV).

Badai siklon tropis Seroja melanda NTT pada 4-5 April 2021 mengakibatkan dua unit menara jaringan SUTT 70 kV di ribuh akibat longsor di lahan perkebunan Desa Tunfeu.

Menara listrik tersebut merupakan urat nadi pasokan listrik ke sejumlah kabupaten di Pulau Timor yaitu Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Belu.

Mengingat pentingnya peran infrastruktur ini, Zulkifli memerintahkan anak usaha PLN terkait agar segera membangun kembali menara secara permanen untuk menggantikan menara darurat yang sudah beroperasi.

"Jadi segera dibangun yang permanen tiga bulan ke depan, jangan tunda-tunda lagi," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga mengapresiasi personel PLN termasuk relawan dari luar NTT yang telah bergerak cepat melakukan pemulihan pasokan listrik pasca bencana Seroja.

"Kita bersyukur dampak musibah terhadap infrastruktur kelistrikan yang rusak bisa kita atasi jauh lebih singkat dari yang diperkirakan," katanya.

Zulkifli juga berterima kasih kepada semua pemangku kepentingan di antaranya pemerintah daerah di NTT, TNI-Polri, dan masyarakat yang turut serta membantu PLN melakukan percepatan pemulihan listrik pasca bencana.

Baca juga: PLN sebut pasokan listrik di Pulau Timor sudah pulih
Baca juga: Artikel - Mereka yang bertaruh nyawa pulihkan urat nadi pasokan listrik di Pulau Timor
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar