China turunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania

id China,Taiwan,Lithuania,konflik china taiwan,diplomasi china,diplomatik china taiwan,diplomasi taiwan

China turunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania

Bendera nasional China dan Taiwan ditampilkan di samping pesawat militer dalam gambar ilustrasi yang dibuat 9 April 2021. (ANTARA/Reuters/as)

...China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan mengatakan pulau itu bisa direbut dengan kekuatan jika perlu
Beijing (ANTARA) - China telah menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lithuania, kata kementerian luar negeri negara itu pada Minggu, (21/11).

Kementerian luar negeri China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa negara itu memutuskan untuk mengambil langkah penurunan hubungan diplomatik setelah Lithuania mengizinkan Taiwan untuk mendirikan kantor perwakilan di negara itu pada awal November.

Pemerintah China pada Minggu menyatakan "ketidakpuasan yang kuat" atas langkah Lithuania, menurut pernyataan Kemenlu China.

Baca juga: Biden bilang AS berkomitmen bela Taiwan

China dan Taiwan selama bertahun-tahun saling menuduh telah melakukan "diplomasi uang" ketika mereka mencari dukungan dari negara-negara di seluruh dunia, dengan menawarkan paket bantuan sebagai imbalan atas pengakuan diplomatik.

Baca juga: Pemimpin Taiwan bilang kami takkan mau dipaksa tunduk pada China

China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan mengatakan pulau itu bisa direbut dengan kekuatan jika perlu. (Antara/ Reuters)