Parade kuda Sandalwood mampu dongkrak investasi

id Parade

Parade kuda Sandalwood mampu dongkrak investasi

Para peserta parade 1001 kuda Sandalwood yang digelar di kawasan padang sabana perbukitan Walakiri, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/7). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

"Meskipun baru dua tahun digelar, kegiatan parade 1001 kuda Sandalwood yang kami paduhkan dengan festival tenun ikat sudah terbukti mampu mendongkrak masuknya investasi di Pulau Sumba," kata Marius Ardu Jelamu.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan kegiatan pariwisata berupa parade 1001 kuda Sandalwood di Pulau Sumba sudah mampu mendongkrak kehadiran investasi di daerah itu.

"Meskipun baru dua tahun digelar, kegiatan parade 1001 kuda Sandalwood yang kami paduhkan dengan festival tenun ikat sudah terbukti mampu mendongkrak masuknya investasi di Pulau Sumba," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Selasa (17/7).

Ia mencontohkan hadirnya investasi baru seperti pembangunan hotel baru yaitu Paradita Beach Hotel di Kabupaten Sumba Timur. Selain itu, pembangunan Resort Lelewatu di Sumba Barat dan juga investasi berupa usaha kerajinan tenun ikat Kabupaten Sumba Barat Daya.

"Berbagai investasi ini hadir setelah kegiatan parade kuda Sandalwood dan festival tenun ikat yang diadakan pertama pada tahun 2017 lalu," katanya dan menambahkan kegiatan pariwisata yang sudah menjadi agenda pariwisata nasional ini mampu menghadirkan ribuan orang termasuk kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dengan demikian, lanjutnya, dapat mendorong para investor untuk melirik Pulau Sumba sebagai tempat berinvestasi. "Karena pelaku usaha melihat kegiatan tahunan ini mampu mendatangkan banyak orang sehingga memicu dunia usaha untuk menggeliat," katanya.

Marius menambahkan, kegiatan pariwisata itu sebagai pintu masuk bagi para pelaku usaha untuk menjajaki Pulau Sumba yang kaya akan berbagai potensi lainnya untuk diinvestasikan.

"Pulau Sumba tidak hanya kaya akan pariwisata tapi ada peternakan, pertanian, energi, dan lainnya. Harapan kami kegiatan pariwisata ini menjadi pintu masuk lebih banyak lagi mendatangkan investasi," katanya.

Baca juga: Parade kuda Sandelwood di Sumba
Baca juga: Ribuan pengunjung rayakan parade 1001 kuda sandelwood