Dua PLBN akan dibangun pada 2019

id PLBN

Dua PLBN akan dibangun pada 2019

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Mota Ain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon mengatakan dua PLBN di Pulau Timor masing-masing di Oepoli, Kabupaten Kupang dan Napan Kabupaten Timor Tengah Utara akan dibangun pada 2019.
Kupang (AntaraNews NTT) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Robert Simbolon mengatakan dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Pulau Timor masing-masing di Oepoli, Kabupaten Kupang dan Napan Kabupaten Timor Tengah Utara akan dibangun pada 2019.

"Dalam skema kami diupayakan pembangunan dua PLBN tambahan di NTT sudah bisa dimulai tahun 2019," kata Robert Simbolon yang juga Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri itu kepada wartawan di Kupang, Rabu (18/7).

Dikatakan, sudah ada skema urutan pekerjaan yang dilakukan terkait pembangunan PLBN di sejumlah titik wilayah Indonesia. PLBN di Oepoli dan Napan, lanjutnya, merupakan dua dari 10 PLBN yang sudah direncanakan untuk dibangun pemerintah dalam tahun 2019.

Menurut dia, setelah dipetakan dari sisi keuangan negara dan kebutuhan atau urgensi kehadiran PLBN yang terstandarisasi maka kedua PLBN di NTT tersebut menjadi bagian dari prioritas pemerintah.

Baca juga: Pembangunan PLBN Oepoli Terkendala Persoalan Batas Negara
PLBN Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT (Dok)
"Bisa dibilang di Napan dan Oepoli ini diposisikan di urutan kedua setelah yang lebih mendesak untuk dibangun yaitu PLBN di Kalimantan," katanya.

Robert Simbolon menambahakan, bisa dipastikan bahwa kedua PLBN ini akan dibangun pada tahun 2019 mendatang.

Saat ini, lanjutnya, sudah tujuh PLBN terstandarisasi yang sudah beroperasi di sejumlah wilayah perbatasan antarnegara di Tanah Air.

Tiga dari tujuh PLBN yang dibangun dengan megah itu ada di Pulau Timor, NTT, yakni PLBN Mota Ain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Baca juga: Usul Tambah Dua PLBN
Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon (kanan) didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT Samuel Pakereng saat memberikan keterangan pers di Kupang, Rabu (18/7). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)