Kota Kupang dapat bantuan 175 buah LPJU

id WALI KOTA

Kota Kupang dapat bantuan 175 buah LPJU

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Koreh (ANTARA Foto/Benny Jahang)

"Kami mendapat bantuan 175 lampu penerangan jalan dari pemerintah pusat," kata Jefri Riwu Kore.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mendapat bantuan 175 lampu penerangan jalan umum (LPJU) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk kebutuhan masyarakat di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kami mendapat bantuan 175 lampu penerangan jalan dari pemerintah pusat. Lampu penerangan jalan itu direncanakan akan dipasang di titik-titik yang belum tertangani di kelurahan," kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di Kupang, Minggu (22/7).

Ia mengatakan 175 lampu jalan bantuan pemerintah pusat itu merupakan jenis lampu jalan tenaga surya.

Menurut Jefri, bantuan 175 lampu jalan itu dapat direalisasikan setelah diperjuangan anggota DPR-RI asal NTT dari Partai Hanura, Feri Kase.

"Pak Feri (Kase) yang memperjuangkan 175 lampu jalan itu kepada pemerintah pusat, sehingga bisa mengatasi kekurangan lampu penerangan jalan di Kota Kupang ," kata Jefri.

Ia mengaku masih banyak lokasi permukiman warga Kota Kupang yang belum memiliki lampu penerangan jalan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah.

Baca juga: Rp7 miliar untuk pengadaan lampu jalan

"Kita butuh 10.000 lampu penerangan jalan dibangun di Kota Kupang namun yang disetujui DPR hanya 620 lampu terdiri dari 500 lampu listrik dan 120 tenaga surya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, sebagian jalan lingkungan dalam kota, belum kebagian lampu jalan sehingga masih gelap gulita di malam hari.

Wali Kota Kupang tidak menampik kondisi jalan Frans Seda yang merupakan jalan protokol di Kota Kupang gelap pada malam hari karena hanya belasan titik lampu jalan yang berfungsi secara baik.

"Kalau 60 titik lampu yang tidak menyala di Jalan Frans Seda memang kondisinya seperti itu karena kami terkendala anggaran untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum," katanya.

Jefri mengajak berbagai pihak membantu pengadaan lampu penerangan jalan guna mendukung aktivitas ekonomi masyarakat Kota Kupang pada malam hari agar terus bertumbuh.

Baca juga: Pemkot Kupang pasang 2.000 lampu jalan