Pemkot Kupang bantu mesin produksi pakan ikan

id Ikan

Pemkot Kupang bantu mesin produksi pakan ikan

Budidaya ikan nila, salah satu usaha perikanan air tawar yang tengah dikembangkan di Kota Kupang.

Pemerintah Kota Kupang membantu dua unit mesin produksi pakan ikan kepada kelompok nelayan guna mendukung pengembangan usaha ikan air tawar di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah Kota Kupang membantu dua unit mesin produksi pakan ikan kepada kelompok nelayan guna mendukung pengembangan usaha ikan air tawar di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah menyiapkan dua unit alat produksi pakan ikan untuk membantu peningkatan produksi ikan air tawar yang diolah masyarakat," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang Orson G Nawa kepada Antara di Kupang, Senin.

Ia mengatakan bantuan alat produksi pakan ikan tersebut sekaligus untuk meringankan beban kelompok masyarakat yang selama ini mengeluhkan soal mahalnya harga pakan ikan di Kota Kupang.

Menurut dia, mahalnya harga pakan ikan selalu dikeluhkan oleh kelompok perikanan air tawar, sehingga mendorong pemerintah melakukan pengadaan alat produksi pakan ikan.

Orson mengatakan, budidaya perikanan air tawar semakin berkembang setiap tahunnya karena permintaan pasar lokal juga terus meningkat

Baca juga: Kupang gunakan aplikasi daring pantau harga ikan

Namun, ia mengatakan, pengembangan usaha perikanan air tawar di Kota Kupang selama ini selalu terkendala harga pakan ikan yang dinilai masih terlalu mahal sehingga harga ikan yang dijual di pasar juga mahal.

"Kami selalu mendatangi kelompok perikanan air tawar mereka mengeluhkan pakan ikan yang mahal, sehingga mereka berharap pemerintah bisa mengupayakan cara agar pakan ikan bisa lebih murah," kata Orson.

Menyikapi keluhan kelompok perikanan tersebut, pihaknya langsung melakukan pengadaan dua unit mesin produksi pakan ikan untuk kepentingan kelompok perikanan air tawar.

Dua alat produksi pakan ikan akan didistribusikan kepada dua kelompok yaitu kelompok budidaya ikan air tawar di Batuplat, Kecamatan Alak, dan kelompok binaan Tim Pengerak PKK Kota Kupang.

"Dua alat produksi pakan ikan itu akan distribusikan pada awal Agustus 2018 mendatang sehingga bisa segera dimanfatakan kelompok perikanan di Kota Kupang," kata Orson.

Baca juga: Harga ikan terus meroket