Pelindo Kupang bangun sinergi tingkatkan layanan

id NTT,pelindo kupang

Pelindo Kupang bangun sinergi tingkatkan layanan

Para mitra kerja PT Pelindo Kupang mengikuti kegiatan COffee morning yang dilakukan PT Pelindo Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa. (Antara/Benny Jahang)

Kami terus membangun kemitraan dengan semua mitra kerja salah satunya dengan minum kopi bersama...
Kupang (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero Regional 3 Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur, terus membangun sinergi dengan para mitra kerja yang ada di pelabuhan Tenau Kupang guna  meningkatkan  layanan dan kinerja.

"Kami terus membangun kemitraan dengan semua mitra kerja salah satunya dengan minum kopi bersama. Hal itu sebagai bentuk silahturahmi kita bersama mitra kerja, apalagi saat ini kita masih ada dalam nuansa Paskah, Idul Fitri dan Waisak, sehingga kita berkumpul bersama untuk silahturahmi, " kata Manager PT Pelindo Tenau Kupang, Agus Setiawan Nazar, di Kupang, Rabu, (25/5/2022).

Menurut Agus,  minum kopi bersama (coffee morning)  untuk memperkuat sinergi dengan mitra kerja yang ada di Pelabuhan Tenau. Kegiatan ini  sebagai media komunikasi antarinsan maritim untuk menyamakan langkah demi kebaikan bersama melalui kerja sama yang baik antar semua pihak yang ada.

Ia mencontohkan, alam kesempatan itu pihaknya menjelaskan  terkait masalah pascamerger Pelindo yang  bertujuan meningkatkan kinerja transformasi pelayanan, untuk menekan biaya logistik yang lebih tinggi.

 Agus mengatakan, merger Pelindo I-IV bertujuan menekan biaya logistik dalam negeri karena biaya logistik di Indonesia dinilai masih mahal jika dibandingkan dengan negara-negara lain.Biaya logistik dalam negeri berada di angka 24 persen, sementara negara-negara lain hanya mencatatkan sebesar 11 persen.

"Jadi kita duduk bersama ini di antaranya membicarakan hal yang belum optimal. Kita paparkan masalah awal kepada stakeholder sehingga ketika kita melakukan kolaborasi suatu program maka dapat berjalan dengan baik," katanya.

Agus mengakui, pihaknya juga menerima saran dan masukan dari mitra untuk memperbaiki pelayanan di Pelindo Tenau Kupang khususnya pada biaya logistik yang masih tinggi.

Pelindo Tenau Kupang kini sedang melakukan penataan di kawasan Terminal Penumpang yaitu dengan melakukan rehabilitasi Terminal Penumpang yang memiliki dan juga penyederhanaan dalam sistem pelayanan penumpang.

Pelindo Tenau Kupang juga akan bekerja sama dengan Bank NTT dalam sistem pembayaran nontunai dan juga pembinaan terhadap UMKM. Selain itu, Pelindo Tenau Kupang melakukan pembatasan para pedagang PKL yang berjualan di area terminal karena pelabuhan adalah objek vital. 

Baca juga: Pelindo siapkan tempat untuk PKL di Pelabuhan Tenau Kupang

Baca juga: 300 ton minyak goreng curah tiba di Kupang