BMKG keluarkan peringatan dini karhutla pada sejumlah wilayah NTT

id ancaman karhutla,kebakaran hutan NTT,angin kencang NTT,waspada karhutla,cuaca ekstrem NTT,BMKG,NTT

BMKG keluarkan peringatan dini karhutla pada sejumlah wilayah NTT

Ilustrasi - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda kawasan Gunung Ile Mandiri di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, NTT, pada November 2019. (ANTARA/HO-Roland Tuanaen)

...Sebagian besar wilayah NTT berada pada kategori sangat mudah atau kategori merah terjadinya karhutla
Larantuka (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Sebagian besar wilayah NTT berada pada kategori sangat mudah atau kategori merah terjadinya karhutla," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi ketika dihubungi di Kupang, Rabu, (22/06/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini kebakaran hutan dan lahan di wilayah NTT yang berlaku pada 22 Juni 2022.

Sejumlah daerah dengan kategori sangat mudah terjadinya karhutla di antaranya, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Rote Ndao, Sabu Raijua.

Selain itu Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai Barat, Sumba Timur, dan Sumba Tengah.

Di berbagai daerah itu, kata dia kondisi alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutup lantai hutan dalam kondisi sangat kering sehingga mudah terbakar.

Dengan demikian ketika ada aktivitas warga yang memicu kemunculan titik api maka akan sangat rawan menimbulkan karhutla yang dapat meluas dengan cepat.

Agung mengatakan kemunculan titik api umumnya akibat aktivitas warga baik disengaja maupun tidak disengaja seperti membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar.

Selain itu, tindakan membuang puntung rokok sembarangan di area terbuka yang terdapat tumpukan rumput atau dedaunan kering yang mudah tersulut api.

Ia mengimbau warga agar mewaspadai atau mencegah terjadinya karhutla ini karena saat ini wilayah NTT juga sedang dilanda angin kencang.

"Angin kencang yang bersifat kering di saat musim kemarau membuat karhutla mudah terjadi dan lebih sulit untuk ditangani," katanya.

Baca juga: BPBD Nagekeo antisipasi kebakaran hutan dan lahan

Baca juga: BPBD Flotim: Peran aktif TNI-Polri mampu kurangi kasus karhutla


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG keluarkan peringatan dini karhutla di sebagian wilayah NTT