Dinas Pendidikan Kota Kupang ingatkan para guru perhatikan kebersihan lingkungan sekolah

id NTT,sekolah,kebersihan sekolah,sampah

Dinas Pendidikan Kota Kupang ingatkan para guru perhatikan kebersihan lingkungan sekolah

Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh melakukan pemantauan kebersihan di salah satu sekolah beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Prokompim Setda Kota Kupang)

Kami sudah mengingatkan seluruh sekolah agar memperhatikan secara serius terhadap kebersihan lingkungan sekolah terutama WC dan kamar mandiri di sekolah, semuanya harus dalam kondisi bersih...
Kupang (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mengingatkan seluruh sekolah lembaga pendidikan mulai dari PAUD, SD dan SMP di daerah itu untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah agar proses kegiatan belajar mengajar berlangsung aman.

"Kebersihan lingkungan sangat menentukan kenyamanan belajar sehingga para kepala sekolah dan guru untuk memperhatikan secara serius terhadap kebersihan lingkungan sekolah masing-masing," kata Kepala Bidang Pembinaan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Kupang, Okto Naitboho, kepada wartawan di ruang kerjanya, pada Kamis (10/11/2022) .

Ia mengatakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik pada bidang Pendidikan maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang terus mendorong semua sekolah untuk dapat menjaga lingkungan sekolah tetap bersih.

Menurut dia apabila lingkungan sekolah terlihat bersih maka para siswa dan guru juga menjadi  lebih sehat serta menjadi bergairah dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Menurut dia Penjabat Wali Kota Kupang saat ini turun gunung melakukan pemantauan terhadap kondisi kebersihan di setiap sekolah yang ada di ibu kota Provinsi NTT ini.

"Kami sudah mengingatkan seluruh sekolah agar memperhatikan secara serius terhadap kebersihan lingkungan sekolah terutama WC dan kamar mandiri di sekolah, semuanya harus dalam kondisi bersih," kata Okto Naitboho.

Ia mengatakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang  terus melakukan pemantauan di setiap sekolah agar tetap menjaga lingkungan sekolah bersih.

Baca juga: Guru penggerak didorong gunakan bahasa ibu di kelas awal

“Sebab adanya lingkungan yang bersih proses belajar dan mengajar juga berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Penting edukasi bencana dalam kurikulum pendidikan, menurut FRRB NTT

Dia mengatakan apabila masih ditemukan sekolah-sekolah yang tidak bersih tentu akan diberikan teguran karena kebersihan menjadi salah satu indikator untuk keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dia berharap para kepala sekolah dan guru terus mengedukasi para siswa tentang bagaimana menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan tidak membuang sampah sembarang.