KPU tetapkan Tahun-Konay sebagai bupati-wabup TTS terpilih

id Tahun Konay

KPU tetapkan Tahun-Konay sebagai bupati-wabup TTS terpilih

Sejumlah anggota Brimod Polda NTT bersenjata lengkap mencegah rombongan konvoi serta pawai kemenangan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Tahun-Konay usai Pemungutan Suara Ulang (PSU) di kota SoE, ibu kota Kabupaten TTS , NTT, Sabtu (20/10/2018). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

KPU Timor Tengah Selatan, akhirnya menetapkan pasangan Egusem Piether Tahun-Johny Army Konay sebagai Bupati-Wakil Bupati Timor Tengah Selatan terpilih periode 2019-2024.
Kupang (ANTARA News NTT) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Timor Tengah Selatan, akhirnya menetapkan pasangan Egusem Piether Tahun-Johny Army Konay sebagai Bupati-Wakil Bupati Timor Tengah Selatan terpilih periode 2019-2024.

"Setelah menerima salinan putusan MK, pada Sabtu (8/12), kami telah menggelar rapat pleno dan menetapkan pasangan Egusem Piether Tahun-Johny Army Konay sebagai Bupati-Wakil Bupati terpilih," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) TTS Santi Soinbala kepada Antara, ketika dihubungi dari Kupang, Senin (10/12).

Menurut dia, sesuai pleno penetapan pasangan calon hasil Pilkada serentak 2018, pasangan ini meraih suara terbanyak mengungguli tiga pasangan calon lain dalam kontestasi pilkada di daerah yang terkenal sebagai penghasil kayu cendana terbesar di NTT itu.

Pasangan yang diusung Partai Golkar ini meraih 69.721 suara, sementara posisi kedua ditempati pasangan Obed Naitboho-Alexander Kase dengan meraih 69.179 suara, dan posisi ketiga ditempati pasangan Johanis Lakapu-Yefta Ambrosius Lodowijk Mella dengan suara 35.513 dan pasangan calon Ampera Seke Selan -Yaan Mazrich Jermias Tanaem meraih 31.908 suara.?

Ia menambahkan, hasil pleno akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten TTS untuk dibawa ke paripurna DPRD sebelum dibawa ke provinsi. Pemerintah Provinsi NTT akan mengusulkan ke Menteri Dalam Negeri untuk ditetapkan.

"Kewenangan KPU hanya sampai pada menyerahkan hasil pleno penetapan calon kepada pemerintah untuk dibawa ke sidang paripurna DPRD," katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan dan seluruh rakyat daerah itu, yang telah bersama mendukung pelaksanaan Pilkada TTS.

"Prosesnya memang sangat panjang, tetapi semuanya telah berakhir dengan damai, tanpa ada hal-hal yang mengganggu ketentramanan masyarakat daerah itu," katanya.

Baca juga: Hasil PSU di TTS menunggu putusan MK
Baca juga: Hasil PSU pilkada TTS diserahkan ke MK