KKP Labuan Bajo perkuat pengawasan COVID-19 saat liburan Nataru

id covid-19,KKP Kelas IV Labuan Bajo,kkp,liburan,libur natal,natal dan tahun baru,libur tahun baru, natal 2022 dan tahun ba

KKP Labuan Bajo perkuat pengawasan COVID-19 saat liburan Nataru

Posko Terpadu Pengendalian Transportasi Udara Periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dibangun oleh para pemangku kepentingan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

KKP bersama lintas sektor tergabung dalam Posko Natal dan Tahun Baru di bandara dan pelabuhan dan tetap melakukan screening terhadap dokumen perjalanan sesuai Edaran Satgas...
Ruteng (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Labuan Bajo memperkuat pengawasan terhadap dokumen perjalanan para pemudik yang hendak berlibur saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dari dan ke Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"KKP bersama lintas sektor tergabung dalam Posko Natal dan Tahun Baru di bandara dan pelabuhan dan tetap melakukan screening terhadap dokumen perjalanan sesuai Edaran Satgas COVID-19," kata Kepala KKP Kelas IV Labuan Bajo Bernadinus Darma ketika dihubungi dari Ruteng, Rabu, (21/12/2022).

Sesuai Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 No 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah dengan berusia 18 tahun ke atas wajib mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster), sedangkan PPDN berstatus Warga Negara Asing dan berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin kedua.

Selanjutnya, PPDN dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua; PPDN dengan usia 6-17 tahun berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan dari kewajiban vaksinasi; dan PPDN dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi COVID-19.

Berdasarkan instruksi tersebut, KKP Kelas IV Labuan Bajo pun melakukan screening untuk mengawasi aktivitas perjalanan pemudik selama masa liburan ini. KKP telah menyiapkan tim medis dan mobil ambulans apabila terjadi kecelakaan atau kejadian baik di bandara dan pelabuhan. KKP pun melakukan pengawasan barang bersama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Semua aktivitas pengawasan melalui posko terpadu ini telah dilakukan mulai 19 Desember hingga 8 Januari 2023.

Bernadinus mengimbau pemudik dari dan ke Labuan Bajo untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 dosis tiga (lanjutan) sebelum liburan. Dia meminta mereka untuk mempersiapkan dokumen perjalanan sesuai aturan yang berlaku agar liburan berlangsung aman dan nyaman.

Baca juga: Eliminasi malaria jaminan bagi wisatawan ke Manggarai Barat

Dia pun menyarankan masyarakat untuk mencari informasi vaksinasi di pusat layanan kesehatan. Dengan demikian mereka tidak akan mengalami kendala saat melakukan perjalanan mudik hingga tiba di daerah tujuan.

Baca juga: DKP NTT ingatkan nelayan mengenai aturan wilayah perairan Australia

"Tetap jaga kondisi tubuh tetap prima, taati protokol kesehatan, dan jangan lupa selalu membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga," katanya mengingatkan.