Imigrasi Labuan Bajo perkuat pengawasan orang asing jelang Asean Summit 2023

id Timpora, imigrasi, labuan bajo, manggarai barat, ntt, flores

Imigrasi Labuan Bajo perkuat pengawasan orang asing jelang Asean Summit 2023

Rapat Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing Manggarai Barat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (23/2/2023). (ANTARA/HO-Imigrasi Labuan Bajo)

...Pengawasan terhadap orang asing pada masa persiapan menjelang KTT ASEAN Summit perlu ditingkatkan sejalan dengan meningkatnya kejahatan internasional atau tindak pidana transnasional
Mbay (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo memperkuat fungsi pengawasan dan pengamanan dalam rangka mengantisipasi perlintasan bagi orang asing jelang ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo dengan membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Pengawasan terhadap orang asing pada masa persiapan menjelang KTT ASEAN Summit perlu ditingkatkan sejalan dengan meningkatnya kejahatan internasional atau tindak pidana transnasional," kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Oktovianus Malisan dalam keterangan yang diterima dari Mbay, Ibukota Kabupaten Nagekeo, Kamis, (23/2/2023).

Pembentukan Timpora diawali dengan rapat Timpora yang diikuti oleh segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manggarai Barat.

Oktavianus mengatakan Kantor Imigrasi Labuan Bajo mendukung penuh pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN Summit 2023 pada Mei 2023 mendatang yang berlangsung di Labuan Bajo.

Timpora yang dibentuk guna memperkuat fungsi pengawasan dan pengamanan dalam rangka mengantisipasi perlintasan bagi orang asing atau pihak-pihak tendensius yang dapat berpotensi menimbulkan ancaman dan gangguan dalam penyelenggaraan ASEAN Summit tahun 2023.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Christian Prantigo menambahkan Timpora bertujuan mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Indonesia khususnya di wilayah Manggarai Barat.

Dia menyebut hanya orang asing yang memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban juga tidak bermusuhan baik terhadap rakyat maupun NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang boleh memasuki wilayah Indonesia.

Para anggota Timpora telah dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Manggarai Barat yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Aloisius Lahi.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo dekatkan inovasi layanan paspor bagi warga Ngada

Dia berharap seluruh perangkat daerah terkait dapat saling berkoordinasi dan mendata identitas serta kelengkapan administrasi orang asing di wilayah masing-masing.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo gelar operasi gabungan Timpora di wilayah perairan

"Termasuk apabila ada potensi ancaman keamanan dan ketertiban yang melibatkan orang asing. Semoga setelah kegiatan ini Timpora Kabupaten Manggarai Barat dapat semakin solid dan kompak," kata Aloisius optimis.