Harga cabai di Kota Kupang berangsur turun jelang Ramadhan

id NTT,inflasi ,harga cabai,kota kupang

Harga cabai di Kota Kupang berangsur turun jelang Ramadhan

Harga cabai yang dijual para pedagang di pasar-pasar tradisioal di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai berangsur turun menjelang Ramadhan 2023. ANTARA/Benny Jahang.

Harga cabai sudah mulai turun dari minggu lalu, memang sebelumnya harga cabai yang dijual di pasar-pasar tradisional Kota Kupang sangat mahal hingga menembus Rp150 ribu/kg...
Kupang (ANTARA) - Harga cabai di pasar tradisional Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur menjelang Ramadhan 2023 mulai turun dari sebelumnya Rp150 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram.

"Harga cabai sudah mulai turun dari minggu lalu, memang sebelumnya harga cabai yang dijual di pasar-pasar tradisional Kota Kupang sangat mahal hingga menembus Rp150 ribu/kg," kata Ronald Poto pedagang cabai di Pasar Fatubesi Kota Kupang, Minggu, (5/3/2023).

Ia mengatakan harga cabai yang dijual para pedagang di Kota Kupang itu mulai turun setelah akses jalan di lokasi tanah longsor Takari sudah bisa dilintasi kendaraan umum.

Menurut dia harga cabai menjadi mahal di Kota Kupang selama dua pekan karena faktor cuaca sehingga menyulitkan para pedagang memasok cabai dari luar kota setelah terjadi tanah longsor yang menutupi ruas jalan nasional lintas Pulau Timor di Takari.

"Harga cabai ini sudah mulai turun sejak minggu lalu, apalagi masyarakat Kota Kupang kurang sekali membeli cabai karena harga sudah sangat mahal," ujar Ronadl Poto.

Dia menambahkan apabila kondisi cuaca semakin membaik dan ruas jalan di lokasi longsoran sudah bisa dilintasi semua kendaraan maka pasokan cabai dari Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Malaka menjadi lebih banyak dan harga semakin murah apalagi menjelang Ramadhan.

Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh mengatakan harga cabai yang dijual di pasar-pasar tradisional sudah mulai murah setelah ada pasokan cabai dari Surabaya.

"Pemerintah Kota Kupang sudah minta sejumlah distributor pangan untuk membantu mendatangkan cabai dari Surabaya sehingga harga cabai di pasaran mulai turun. Hal ini dilakukan Pemerintah untuk menekan terjadi inflasi," kata George Melkianus Hadjoh.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Kupang telah mendistribusikan bantuan tanaman cabai ke kelurahan-kelurahan untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat guna mengantisipasi terjadi kelangkaan cabai seperti saat ini.

"Ap yang bisa kita tanam dan usahakan di rumah supaya ditanam untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga sehingga kenaikan inflasi juga bisa ditekan," katanya.

Baca juga: TPID intensifkan operasi pasar cegah kenaikan harga barang di NTT

Baca juga: Pemkot Kupang berkoordinasi dengan Bulog untuk menggelar pasar murah beras