Kemenhub bantu kendaraan operasional untuk Navigasi Kupang

id navigasi

Sejumlah kendaraan operasianal bantuan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk Kantor Navigasi Kupang yang bermarkas di Bilangan Tenau Kupang. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membantu sejumlah kendaraan operasional untuk mendukung aktivitas kenavigasian di Distrik Navigasi Klas II Kupang.
Kupang (ANTARA News NTT) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membantu sejumlah kendaraan operasional untuk mendukung aktivitas kenavigasian di Distrik Navigasi Klas II Kupang.

Kepala Kantor Distrik Navigasi Klas II Kupang Saham Amir S ditemui di Kupang, Rabu (9/1), mengatakan sejumlah sarana operasional yang diberikan itu berupa, satu unit mobil tangki air, satu unit mobil truck, satu unit mobil box, satu unit kendaraan forklift serta 10 unit motor roda dua serta satu mobil operasional bagi pimpinan navigasi.

"Bantuan yang diberikan oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub kepada Distrik Navigasi di Kupang ini bertujuan untuk membantu serta mendukung kegiatan operasional di Distrik Navigasi Klas II Kupang yang meliputi wilayah kerja seluruh NTT serta Maluku Barat Daya," katanya.

Bantuan forklift, kata dia, bertujuan untuk membantu mengangkut pelampung suar dan dimasukan ke dalam kapal, ketika hendak ditaruh di tengah laut.

Ia mengharapkan sejumlah bantuan itu dapat mendukung kerja para petugas navigasi di wilayah Kupang dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan acara Natal Bersama. Sejumlah kendaraan itu kemudian diberkati dengan cara diperciki air oleh sejumlah pendeta yang hadir dalam acara Natal Bersama itu.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis yang melihat langsung sejumlah bantuan dari Kemenhub untuk Kantor Distrik Navigasi Klas II Kupang itu mengharapkan fasilitas itu digunakan dengan baik dan benar.

Artinya, kata dia, tidak disalahgunakan sebab pemerintah pusat sudah memberikannya dengan cuma-cuma.

Dalam kesempatan itu Fary juga sempat mencoba forklift yang baru didatangkan itu bersama Kepala Kantor Distrik Navigasi Klas II Kupang, Saham Amir.

Sebelumnya pada 2017, Kementerian Perhubungan juga telah memberikan bantuan sebuah kapal navigasi untuk kantor tersebut dalam rangka mendukung pemantauan sejumlah mercusuar di wilayah NTT dan Maluku.

Baca juga: Navigasi Kupang dapat tambahan Kapal Patroli
Kehidupan para nahkoda kapal navigasi yang beroperasi di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur. (ANTARA Foto/dok) 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar