Pemkab Kupang jamin distribusi kebutuhan pokok jelang Idul Fitri dan Paskah

id NTT,inflasi,kabupaten kupang,bupati korinus masneno

Pemkab Kupang jamin distribusi kebutuhan pokok jelang Idul Fitri dan Paskah

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (ANTARA/Benny Jahang)

Kami mengajak semua pihak di Kabupaten Kupang baik unsur pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk bekerja keras dan cerdas meningkatkan produksi dan produktivitas dengan cara-cara yang efektif efisien produktif dan inovatif...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur menjamin distribusi kebutuhan pokok masyarakat menjelang perayaan Paskah dan hari Raya Idul Fitri 2023.

 "Pemerintah Kabupaten Kupang terus berupaya melakukan berbagai kegiatan bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kabupaten Kupang untuk menjaga ketersediaan barang dan jasa, sekaligus menekan kenaikan harga beberapa komoditas kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Paskah dan hari raya Idul Fitri," kata Bupati Kupang Korinus Masneno di Kupang Sabtu, (1/4/2023).

Bupati Kupang Korius Masneno mengatakan hal ini juga  terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam mengendalikan inflasi di daerah itu.

Ia mengatakan Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menjamin ketersediaan stok, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi yang efektif antar berbagai pihak, sehingga masyarakat di Kabupaten Kupang dapat memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

Korinus Masneno mengatakan inflasi menjadi isu prioritas di seluruh Indonesia sehingga diperlukan perhatian serius dan upaya yang luar biasa, diantaranya wajib mengintensifkan kegiatan operasi pasar murah, menguatkan dan melaksanakan kerja sama antar daerah, melakukan pemetaan produksi dan distribusi.

Dia menambahkan perlu menggalakkan komunikasi penggunaan produk olahan dalam negeri, BBM subsidi tepat sasaran, gerakan penghematan energi, supervisi progres pembangunan penyalur BBM satu harga, percepatan realisasi belanja, tanam pangan cepat panen, subsidi biaya angkut komoditas dan meningkatkan produksi komoditas hortikultura.

"Kami mengajak semua pihak di Kabupaten Kupang baik unsur pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk bekerja keras dan cerdas meningkatkan produksi dan produktivitas dengan cara-cara yang efektif efisien produktif dan inovatif," tegas Korinus Masneno.

Ia berharap masyarakat di Kabupaten Kupang menggunakan produk dalam negeri dan produk lokal sebagai kontribusi dalam memecahkan masalah ketersediaan sekaligus menekan tingkat pengeluaran.

"Inflasi yang tidak terkendali tentu tidak inginkan terjadi, karena itu semua pihak harus berupaya keras agar inflasi tetap terkendali dengan baik. Ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah swasta maupun masyarakat. Menjaga keseimbangan dalam tata kelola perekonomian agar produksi distribusi dan konsumsi berada dalam suatu stabilitas dan mendorong dinamika yang tinggi dalam menghadapi perekonomian harus terus dijaga," kata Bupati Kupang Korinus Masneno.

Baca juga: Harga emas jatuh 11,50 dolar AS

Baca juga: Mendagri minta pemda pastikan ketercukupan pasokan pangan