Puluhan rumah warga di pesisir Kota Kupang terendam banjir rob

id NTT,banjir roop,siklon tropis 98s,kota kupang

Puluhan rumah warga di pesisir Kota Kupang terendam banjir rob

Perahu motor milik nelayan di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur rusak akibat diterjang gelombang tinggi di Pantai Oesapa pada Senin (10/4/2023). ANTARA/Benny Jahang

...Sesuai peringatan dini BMKG bahwa ada potensi cuaca ekstrem sehingga BPBD melakukan edukasi kepada warga pesisir pantai di Kota Kupang untuk mewaspadai adanya bibit siklon tropis 98S yang dapat memicu terjadi hujan lebat, angin kencang dan gelomba
Kupang (ANTARA) - Sekitar 30 unit rumah warga di Pasir Panjang dan Oesapa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur terendam banjir rob sebagai dampak cuaca buruk akibat adanya bibit siklon 98S yang melanda NTT.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, Elsje W Sjioen yang dihubungi, Senin, (10/4/2023) mengatakan puluhan rumah warga yang terendam banjir rob pada Senin (10/4) siang tersebar di dua Kelurahan yaitu Kelurahan Oesapa dan Pasir Panjang, Kecamatan Kelapa Lima.

Menurut dia rumah warga di Kelurahan Oesapa, Kota Kupang terendam banjir rob akibat tingginya gelombang pasang yang menerjang pemukiman kampung nelayan di Oesapa maupun rumah warga di Kelurahan Pasir Panjang mencapai sekitar 30 unit rumah.

Peristiwa banjir berlangsung saat Kota Kupang diguyur hujan lebat dan angin kencang sehingga memicu terjadinya gelombang tinggi yang merendam rumah warga di tiga RT di Kelurahan Oesapa yaitu RT32, RT33 dan RT34.

Selain mengenangi rumah, banjir rob juga merendam kawasan pasar Oesapa terutama sekitar lokasi pasar sayur-sayuran dan pasar ikan hingga merusak lapak-lapak milik para pedagang setempat.

Sudah diberi peringatan