Kemenparekraf libatkan 67 UMKM di Pesta Rakyat Labuan Bajo

id asean,asean summit,ktt asean,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,umkm,kemenparekraf,bpolbf,boplbf,pesta rakyat

Kemenparekraf libatkan 67 UMKM di Pesta Rakyat Labuan Bajo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo (tengah) berkunjung ke stand pameran UMKM dalam Pesta Rakyat Kemenparekraf di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu (7/5/2023) malam. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Ada 67 UMKM yang terlibat dan ini juga berasal dari Nagekeo, Sikka, dan Lembata, jauh-jauh ke Labuan Bajo untuk ikut Pesta Rakyat kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina di Labuan Bajo, Manggarai Bara
Labuan Bajo (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melibatkan 67 UMKM dalam Pesta Rakyat yang menjadi side event penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ada 67 UMKM yang terlibat dan ini juga berasal dari Nagekeo, Sikka, dan Lembata, jauh-jauh ke Labuan Bajo untuk ikut Pesta Rakyat," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu, (7/5/2023).

Pameran UMKM merupakan salah satu item dalam Pesta Rakyat yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf di Lapangan Waekasambi Labuan Bajo.

Shana menyebut antusias pelaku UMKM untuk terlibat dalam UMKM tersebut cukup besar. Hal itu terlihat dari kenaikan jumlah UMKM yang mendaftarkan diri pada acara tersebut.

"Awalnya dari 30 UMKM, ternyata banyak yang berminat, tambah jadi 67," ungkapnya.

Melihat antusiasme pelaku usaha yang tinggi, Shana menilai perlu adanya ruang yang lebih luas untuk menampilkan produk-produk UMKM lokal.

Menurutnya UMKM yang ada di daerah juga memiliki berbagai produk dengan kualitas yang bagus dan layak untuk ditunjukkan kepada publik.

"Ini jadi barometer, kalau buat acara harus ada ruang lebih besar karena sudah banyak pelaku usaha yang siap menampilkan karya dan ditunjukkan ke publik," katanya berharap.

Kemenparekraf telah menghadirkan Pesta Rakyat sebagai dukungan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat menyambut ASEAN Summit.

Dalam pesta rakyat itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo juga berkunjung dari satu stand pameran ke stand lain untuk melihat berbagai produk UMKM yang dipamerkan.

Dia juga terlihat antusias berdiskusi dengan pelaku usaha sembari memberikan dukungan bagi pengembangan usaha ke depan.

Pesta Rakyat yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf hanya berlangsung selama satu hari dimulai dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 23.00 Wita.

Pesta Rakyat itu terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show.

Baca juga: Labuan Bajo prepares 1,156 hotel rooms for ASEAN Summit delegates

Baca juga: BPOLBF, NTT govt prepare local products for ASEAN Summit







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf libatkan 67 UMKM dalam Pesta Rakyat Labuan Bajo