PLN sambungkan listrik gratis bagi 500 KK kurang mampu di Sumba

id sambungan listrik gratis,banrtuan listrik,bantuan listrik warga miskin,warga miskin ntt,bantuan pln,tjsl pln,pln ntt,war

PLN sambungkan listrik gratis bagi 500 KK kurang mampu di Sumba

Seorang warga di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, sedang duduk menyaksikan lampu yang menyala di rumahnya setelah tersambung jaringan listrik oleh PLN Unit Induk Wilayah NTT. ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT.

...Diharapkan anak-anak mereka bisa belajar dengan baik dan aktivitas ekonomi dalam rumah tangga juga bisa bertumbuh
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur memberikan bantuan menyambungkan listrik secara gratis ke rumah warga untuk 500 kepala keluarga (KK) yang tersebar di empat kabupaten di Pulau Sumba.

"Bantuan sambungan listrik secara gratis ini untuk meringankan beban warga kurang mampu dalam mendapatkan pasokan listrik ke rumah mereka," kata General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra ketika dikonfirmasi di Kupang, Jumat, (14/7/2023).

Bantuan tersebut disalurkan melalui Program Tirai Kasih bertepatan dengan peresmian penyalaan listrik untuk sembilan desa dan sembilan dusun di Kabupaten Sumba Tengah.

Ia menjelaskan, 500 KK yang mendapatkan bantuan sambungan listrik gratis tersebar di empat kabupaten se-Pulau Sumba yaitu Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

"Bantuan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN," katanya.

Selain meringankan beban warga, kata dia, bantuan itu juga untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di NTT menuju 100 persen.

Sindu Putra berharap, dengan adanya bantuan itu, warga kurang mampu dapat memanfaatkan listrik untuk memperbaiki taraf hidup atau kesejahteraan.

Baca juga: PLN NTT alirkan listrik bagi warga sembilan desa di Pulau Sumba

"Diharapkan anak-anak mereka bisa belajar dengan baik dan aktivitas ekonomi dalam rumah tangga juga bisa bertumbuh," katanya.

Baca juga: PLN targetkan pasang 84 ribu lebih "Smart Meter AMI" di Sidoarjo, Jawa Timur

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupa menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis bagi warga kurang mampu di NTT yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).