Wapres sebut negosiasi dengan Egianus Kogoya untuk mencegah korban jiwa

id Wapres Ma'ruf Amin,wapres kunjungan ke papua,kkb,pilot susi air

Wapres sebut negosiasi dengan Egianus Kogoya untuk mencegah korban jiwa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di Fakfak, Papua Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

...Itu lebih bersifat melakukan negosiasi-negosiasi, perundingan supaya sandera itu bisa diselamatkan. Jadi menghindari korban lebih banyak. Saya kira itu, jelas Wapres di sela kunjungan kerja meninjau taman ruang terbuka hijau di Fakfak, Papua Barat
Teluk Bintuni (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan negosiasi antara pemerintah dengan kelompok Egianue Kogoya, dilakukan guna membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sekaligus mencegah timbulnya korban jiwa.

"Itu lebih bersifat melakukan negosiasi-negosiasi, perundingan supaya sandera itu bisa diselamatkan. Jadi menghindari korban lebih banyak. Saya kira itu," jelas Wapres di sela kunjungan kerja meninjau taman ruang terbuka hijau di Fakfak, Papua Barat, Jumat, (14/7/2023).

Wapres mengatakan apabila dilakukan langkah penyerangan langsung menggunakan kekuatan militer secara frontal terhadap kelompok Egianus Kogoya, maka akan berisiko menimbulkan banyak korban jiwa.

Oleh sebab itu negosiasi dilakukan, yakni melalui pemerintah daerah bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Kemarin Panglima TNI ikut kami, juga sudah memberi penjelasan tentang rencana-rencana itu. Seperti apa hasilnya kita tunggu saja," kata Wapres.

Sebelumnya secara terpisah Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan pihaknya terus memantau perkembangan proses negosiasi kepada pemerintah daerah, termasuk tokoh adat.

Panglima Yudo menekankan pihaknya tidak mengerahkan pasukan dalam pembebasan pilot Susi Air, karena menghindari potensi jatuhnya korban jiwa terutama dari pihak masyarakat.

Pada Jumat hari ini Wapres melanjutkan kunjungan kerja di Fakfak Papua Barat dan menggelar pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh adat, serta meninjau taman ruang terbuka hijau.

Wapres kemudian menunaikan shalat Jumat di Masjid Agung Baitul Makmur di Fakfak, Papua Barat serta memberikan bantuan dan tausiah di sana.

Selanjutnya usai menyelesaikan kegiatan di Fakfak, Wapres melanjutkan kunjungan kerja ke Teluk Bintuni, Papua Barat menggunakan pesawat CN-295.

Usai dari Bintuni, Wapres akan langsung menuju Manokwari.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemerintah terus berupaya bebaskan Pilot Susi Air

Baca juga: Pencarian pilot Susi Air dipusatkan di Nduga











Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres: Negosiasi dengan Egianus Kogoya untuk cegah korban jiwa