Kades di Kabupaten Kupang manfaatkan dana desa atasi stunting

id NTT,stunting,kabupaten kupang,jerry manafe

Kades di Kabupaten Kupang manfaatkan dana desa atasi stunting

Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe (ANTARA/Benny Jahang)

Kami berharap melalui pola pendekatan yang dilakukan pemerintah Desa Oenaek itu maka pada penimbangan bulan Agustus 2023 jumlah anak stunting bisa menurun hingga 0 persen...
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe mengapresiasi terhadap pemerintah Desa Oenaek Kecamatan Kupang Barat yang telah mengalokasikan sebagian dana desa untuk mendukung kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi 18 orang penderita stunting masing-masing Rp300 ribu/bulan.

"Terima kasih kepada pemerintah Desa Oenaek karena mampu menekan angka stunting dan jumlah anak stunting yang ada di Desa Oenaek merupakan yang paling rendah di Kecamatan Kupang Barat," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe di Kupang, Selasa, (18/7/2023).

Jerry Manafe mengatakan hal itu terkait hasil pemantauan terhadap upaya penanganan stunting di Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang.

Ia berharap pemerintah Desa Oenaek tetap konsisten mengalokasikan anggaran sebesar 20 persen dana desa untuk mendukung kegiatan PMT bagi 18 orang penderita stunting.

Menurut dia penanganan stunting dilakukan pemerintah Desa Oenak sudah sangat baik dengan mengalokasikan dana desa sebesar Rp300.000/bulan untuk setiap anak stunting dalam mendukung pemberian makanan tambahan (PMT).

"Kami berharap melalui pola pendekatan yang dilakukan pemerintah Desa Oenaek itu maka pada penimbangan bulan Agustus 2023 jumlah anak stunting bisa menurun hingga 0 persen," kata Jerry Manafe.

Jerry Manafe mengatakan pemberian makanan tambahan yang dilakukan setiap pagi dan siang selama lima hari dalam waktu tiga bulan bisa membantu pemenuhan gizi anak stunting.

"Apabila pemberian makanan tambahan dilakukan secara baik maka kondisi kesehatan anak-anak stunting itu menjadi lebih baik," kata Jerry Manafe yang juga merupakan Ketua Tim Penanganan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kupang.

Ia juga berharap Pemerintah dan masyarakat di Desa Oenaek terus menjaga agar jumlah anak stunting tidak meningkat dengan memperhatikan secara serius terhadap asupan gizi anak.





Baca juga: Artikel - Dedikasi Rina tekan stunting di Labuan Bajo

Baca juga: Pemkab Mabar ajak warga perbarui data penurunan stunting





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kades di kabupaten Kupang gunakan dana desa atasi stunting