Pertamina sebut DPPU Komodo sehari mampu menyalurkan 33 KL avtur

id NTT,pertamina,labuan bajo

Pertamina sebut DPPU Komodo sehari mampu menyalurkan 33 KL avtur

Petugas di DPPU Komodo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang melakukan pengisian avtur pesawat di Bandara Komodo, Rabu (26/7). (ANTARA/Kornelis Kaha.)

Kalau dihitung dalam sebulan terakhir per harinya kami mampu salurkan 33 KL avtur dengan jumlah pesawat 13 unit...
Kupang (ANTARA) - PT Pertamina MOR V Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara (Jatimbalinus) melaporkan Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, dalam sehari mampu menyalurkan 33 kilo liter (kl) avtur untuk pesawat dalam rangka mendukung daerah itu sebagai kawasan wisata premium.

Kepala DPPU Komodo Nurdin didampingi Area Manager Comm, Rel dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi kepada wartawan di Labuan Bajo, Rabu, (26/7/2023) mengatakan bahwa 33 KL avtur itu disalurkan kepada 13 pesawat yang singgah di bandara tersebut.

“Kalau dihitung dalam sebulan terakhir per harinya kami mampu salurkan 33 KL avtur dengan jumlah pesawat 13 unit, walaupun kadang bisa lebih pesawatnya bisa juga jumlahnya tidak sampai 13 unit,” ujar Nurdin.

Nurdin mengatakan bahwa DPPU Komodo sendiri memiliki tujuh tangki penampungan di mana setiap penampung mampu menampung 24 KL bahan bakar khusus pesawat, sehingga total DPPU Komodo sendiri bisa menampung 168 KL.

Sejumlah bahan bakar khusus pesawat itu disalurkan melalui terminal bahan bakar minyak (TBBM) Reo di Ruteng Kabupaten Manggarai dengan jarak 209 kilometer dan waktu tempuh sekitar delapan hingga 10 jam perjalanan ke DPPU Komodo di Labuan Bajo.

Nurdin menambahkan bahwa pengisian avtur pesawat jika dibandingkan saat KTT ASEAN pada Mei 2023 jumlahnya sangat berbeda jauh karena pada saat KTT ASEAN dalam sehari butuh sekitar 80 KL avtur pesawat.

“Bahkan jumlah itu hanya mampu bertahan selama sepekan karena peningkatan penerbangan melalui bandara Komodo,” kata Nurdin menambahkan.

Apalagi, lanjut dia, proses distribusi BBM khusus pesawat tersebut berasal dari TBBM Ruteng yang memakan waktu sangat lama dan panjang, dan dengan harapan tidak ada kendala di jalan.

Baca juga: Pertamina dan Pelindo bangun terminal BBM di Wae Kelambu Labuan Bajo

DPPU Komodo sendiri selain dilengkapi dengan tujuh tangki penampungan, juga mempunyai enam mobil tangki yang mengangkut avtur dari TBBM Pertamina Reo sebanyak dan masing-masing mampu mengangkut 16 KL.

Baca juga: Pertamina beri sanksi kepada SPBU nakal di Lembata

Terkait. kendala yang dihadapi selama ini oleh DPPU Komodo dalam mendukung avtur pesawat, Nurdin mengaku tak ada kendala sama sekali, sebab pihaknya sudah. mengantisipasi dengan pengisian di depo Pertamina di Ende dan Maumere, Kabupaten Sikka.