Pemkot Kupang gelar lomba perahu hias jelang HUT RI

id NTT ,lomba perahu nelayan,hut Kemerdekaan RI,hut ri

Pemkot Kupang gelar lomba perahu hias jelang HUT RI

Pemerintah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mengelar lomba perahu hias dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78, Jumat. (ANTARA/Benny Jahang)

...Atraksi budaya dari berbagai etnis di NTT dilombakan setiap kelurahan sehingga membuat rakyat bisa lebih bersemangat dalam menyambut HUT Kemerdekaan
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mengelar kegiatan festival perahu hias yang diikuti 68 perahu guna memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

"Kegiatan dengan tema "Festival Rakyat Terbaik Untuk Kota Kupang" harus dilaksanakan setiap tahun guna mendukung pembangunan sektor pariwisata di daerah ini," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh saat melepas peserta lomba perahu hias di Pantai Namosain Kota Kupang, Jumat, (11/8/2023).

Ia mengatakan lomba perahu hias harus menjadi agenda tahunan dan dilakukan dengan lebih meriah karena Teluk Kupang memiliki sejarah masa lalu sebagai pusat perdagangan dan perikanan.

"Teluk Kupang adalah pusat distribusi segala logistik ke seluruh daratan Timor, Rote, Sabu dan Alor oleh karena itu upaya-upaya pemerintah Kota Kupang untuk terus mempromosikan potensi wisata sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan," kata George Melkianus Hadjoh.

Dia berharap masyarakat Kota Kupang terus mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada di Nusa Tenggara Timur dalam mendukung pembangunan wisata budaya.

Menurut dia semua kelurahan di Kota Kupang saat ini sedang mengelar festival budaya dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

"Atraksi budaya dari berbagai etnis di NTT dilombakan setiap kelurahan sehingga membuat rakyat bisa lebih bersemangat dalam menyambut HUT Kemerdekaan ," kata George Melkianus Hadjoh.

Lomba perahu hias yang diikuti 68 perahu nelayan itu melintasi pesisir pantai Namosain menuju Pantai Lasiana sebagai finis lomba perahu hias pada 2023.

Baca juga: Warga Kota Kupang gelar festival budaya jelang peringatan HUT RI-78

Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang Josefina Getha mengatakan tujuan dilaksanakannya "Festival Terbaik Untuk Rakyat" adalah untuk mempromosikan Teluk Kupang sebagai potensi wisata, sekaligus untuk mendukung Kelurahan Lasiana mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

Baca juga: Kapolda NTT ajak masyarakat kibarkan bendera merah putih

Lomba perahu hias kata dia menjadi agenda tahunan yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI serta mendukung pembangunan usaha ekonomi masyarakat.